Sat. Oct 8th, 2022

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

275 Warga Palestina Terluka, Begini Panasnya Bentrokan di Yerusalem

2 min read

Yerusalem –

Bentrokan terbaru dengan polisi Israel di Yerusalem membuat sedikitnya 275 warga Palestina mengalami luka-luka. Polisi Israel menembakkan gas air mata, granat kejut dan peluru karet ke warga Palestina yang melemparkan batu ke arah mereka dalam bentrokan di kompleks Masjid Al-Aqsa.

Seperti dilansir Associated Press, Senin (10/5/2021), laporan fotografer Associated Press menyebut belasan tabung gas air mata dan granat kejut mendarat di Masjid Al-Aqsa, yang terletak di lokasi suci bagi umat Yahudi dan Muslim di Yerusalem.

Asap mengepul di depan masjid dan kuil berkubah emas yang ikonik di kompleks suci tersebut pada Senin (10/5) waktu setempat. Bebatuan tampak berserakan di sekitar alun-alun. Di dalam satu satu area kompleks, sepatu dan puing-puing berserakan di atas karpet berornamen.

Laporan Bulan Sabit Merah Palestina, seperti dilansir Reuters, menyebut lebih dari 275 warga Palestina mengalami luka-luka dalam bentrokan terbaru ini. Sekitar 205 orang di antaranya dilarikan ke rumah sakit setempat, dengan lima orang mengalami luka serius.

Laporan juga menyebut 12 polisi Israel mengalami luka-luka dalam bentrokan yang sama.

Menurut fotografer Associated Press yang ada di lokasi, bentrokan berawal pada Senin (10/5) pagi saat demonstran memasang barikade pada gerbang masuk dengan papan kayu dan besi tua. Sekitar pukul 07.00 pagi, bentrokan pecah dengan orang-orang di dalam kompleks melemparkan batu ke arah polisi Israel yang ada di luar. Polisi Israel lantas masuk ke dalam kompleks Masjid Al-Aqsa dan menembakkan gas air mata, peluru karet serta granat kejut.

Pada satu momen, sekitar 400 orang — baik demonstran muda maupun jemaah yang berusia lebih tua — berada di dalam Masjid Al-Aqsa. Polisi Israel menembakkan gas air mata dan granat kejut ke dalam masjid. Kepolisian Israel menyebut para demonstran melemparkan batu ke arah mereka dan ke ruas jalanan dekat Tembok Ratapan yang menjadi tempat ribuan umat Yahudi Israel berdoa.

Bentrokan terbaru di kompleks Masjid Al-Aqsa ini terjadi setelah berminggu-minggu terjadi ketegangan antara warga Palestina dan polisi maupun tentara Israel di Yerusalem. Bentrokan di Masjid Al-Aqsa yang pertama pecah pada Jumat (7/5) lalu diawali oleh aksi warga Palestina memprotes rencana penggusuran sejumlah keluarga Palestina di Sheikh Jarrah, Yerusalem Timur.

Sidang banding yang diajukan keluarga Palestina ke Mahkamah Agung terkait sengketa tanah yang berpotensi memicu penggusuran itu telah ditunda oleh otoritas kehakiman Israel, setelah dijadwalkan untuk digelar pada Senin (10/5) waktu setempat.

Laporan Bulan Sabit Merah menyebut total lebih dari 300 warga Palestina mengalami luka-luka dalam bentrokan pada Jumat (7/5) dan Sabtu (8/5) malam. Puluhan polisi Israel juga dilaporkan mengalami luka-luka dalam bentrokan selama dua hari itu.

Baca juga !