Wed. Sep 28th, 2022

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

5 Kuliner Legendaris di Kawasan Vihara Hok Tek Bio

3 min read

Jakarta –

Di Bogor ada klenteng bernama Hok Tek Bio yang sering jadi destinasi wisata. Area klentengnya juga dikelilingi oleh tempat kuliner legendaris.

Vihara Hok Tek Bio merupakan klenteng tertua di kota Bogor. Selain menjadi rumah ibadah bagi orang-orang Tionghoa, klenteng tersebut juga menjadi destinasi wisata yang menarik.

Apalagi di kawasan klenteng tersebut banyak terdapat tempat-tempat kulineran yang sayang untuk dilewatkan. Tempat kuliner tersebut juga populer karena legendaris sejak puluhan tahun.

Berikut 5 kuliner legendaris di kawasan Vihara Hok Tek Bio:

 

1. Martabak Encek

 

 

5 Kuliner Legendaris di Kawasan Vihara Hok Tek Bio5 Kuliner Legendaris di Kawasan Vihara Hok Tek Bio Foto: Instagram @eatandclick

Pasti kamu sudah tak asing lagi dengan kulineran yang satu ini. Martabak Encek merupakan kuliner legendaris, karena sudah ada sejak tahun 1975. Dari dulu hingga sekarang racikan selalu sama.

Konsistensi rasa yang lezat tersebut membuat warung Martabak Encek selalu laris setiap harinya. Apalagi cara masaknya yang masih menggunakan cara tradisional karena menggunakan Arang.

Varian martabak yang ditawarkan masih yang klasik, yaitu keju, kacang, cokelat dan wijen. Satu porsinya dibanderol dengan harga sekitar Rp 40.000 hingga Rp 60.000. Gerainya buka dari jam 13.00 – 19.00 WIB.

 

2. Lumpia Basah Ernes

5 Kuliner Legendaris di Kawasan Vihara Hok Tek Bio5 Kuliner Legendaris di Kawasan Vihara Hok Tek Bio Foto: Orange Magz

Ada yang tak kalah legendaris dari tempat kuliner di dekat Vihara Hok Tek Bio. Namanya adalah Lumpia Basah Ernes yang sudah ada sejak tahun 1972. Gerainya kini dioperasikan oleh generasi ke-3.

Seporsi lumpia basah di sini dilengkapi dengan berbagai isian, toge, bengkoang, tahu, ebi giling dan juga telur. Lumpia basah ini berbeda dari lumpia lainnya. Itu dilihat dari cara memasaknya.

Lumpianya tidak digulung, isiannya disajikan di atas kulit yang dimasak terlebih dahulu di atas arang. Seporsi lumpia basah di sini dibanderol dengan harga terjangkau, yaitu Rp 12.000. Buka pukul 09.00 – 18.00 WIB.

3. Nasi Goreng Guan Tjo

5 Kuliner Legendaris di Kawasan Vihara Hok Tek Bio5 Kuliner Legendaris di Kawasan Vihara Hok Tek Bio Foto: Instagram

Kalau mau Chinese food kamu bisa mampir ke Nasi Goreng Guan Tjo. Kuliner ini juga terkenal legendaris. Gerainya sudah beroperasi sejak puluhan tahun lalu. Dan kini dioperasikan oleh generasi ke-2.

Gerai nasi goreng ini mulai buka sore hari, yaitu pukul 15.00 hingga tengah malam. Racikan yang paling sering dipesan adalah nasi goreng petai. Satu porsi nasi goreng dibanderol dengan harga Rp 25.000.

Gerai ini buka mulai dari pukul 12.00 hingga pukul 20.00 WIB.

4. Ngo Hiang Gedung Dalam

 

 

5 Kuliner Legendaris di Kawasan Vihara Hok Tek Bio5 Kuliner Legendaris di Kawasan Vihara Hok Tek Bio Foto: Carimakanaja.com

Mungkin kamu agak asing dengan kulineran yang satu ini. Ngo hiang merupakan makanan berupa rolade goreng yang terdiri dari campuran daging ayam dan daging babi. Satu porsinya diisi dengan kentang dan tahu.

Dengan merogoh kocek senilai Rp 33.000 kamu sudah bisa mendapatkan seporsi Ngo Hiang. Kuliner ini selalu menjadi incaran saat orang-orang banyak mengunjungi Vihara Hok Tek Bio. Buka mulai dari 09.00 – 18.00 WIB.

5. Restoran Kencana

5 Kuliner Legendaris di Kawasan Vihara Hok Tek Bio5 Kuliner Legendaris di Kawasan Vihara Hok Tek Bio Ilustrasi Foto: Instagram @psnoviculinary

Aneka Chinese food juga bisa kamu dapatkan di Restoran Kencana. Sesuai dengan namanya, lokasi restoran ini memang berada di kawasan Surya Kencana. Ada banyak menu yang ditawarkan, salah satunya adalah lomie.

Lomie merupakan makanan berbahan dasar mie dan dilengkapi dengan sayuran, pangsit, bakso, cumi kering, ebi, daging ayam. Lalu disiram dengan kuah kental yang dicampur dengan tepung kanji. Buka mulai dari 10.00 – 18.00 WIB

Baca juga !