Tue. Oct 4th, 2022

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

5 Tips Bikin Bakso Lobster ala Warung Bakso

2 min read

Jakarta –

Sempat viral beberapa waktu lalu, bakso lobster masih digandrungi hingga saat ini. Tak harus beli, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah.

Membuat bakso lobster tidaklah sulit asal tahu cara mengolahnya. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, mulai dari memilih lobster hingga membuat kuah bakso yang mirip sup seafood. Semuanya bisa diracik sendiri dan dinikmati bersama keluarga.

 

Untuk membuat bakso lobster, kamu harus menyiapkan beberapa bahan utama mulai dari lobster, daging sapi untuk adonan bakso serta tulangan sapi untuk membuat kuah kaldunya. Jangan lupa sertakan pelengkapnya seperti mie kuning, bihun, tauge dan sawi agar bakso lobster buatan rumah tak kalah mantap dengan yang ada di warung bakso.

Beberapa tips ini perlu diperhatikan saat membuat bakso lobster.

1. Gunakan lobster hidup

5 Fakta Lobster yang Dulu Dianggap Makanan Orang Miskin5 Tips Bikin Bakso Lobster ala Warung Bakso Foto: iStock

Jika kamu membeli lobster di pasar ikan, usahakan membelinya saat masih dalam keadaan hidup. Losbter hidup akan memberi aroma gurih segar, sebaliknya lobster mati aromanya anyir.

Semakin lama lobster dibiarkan mati maka dagingnya akan menyusut dan rasanya tak lagi gurih manis. Pilih lobster ukuran sedang supaya setelah dibalut dengan adonan bakso tidak terlalu besar.

Jadi saat membeli lobster, pastikan kamu sudah akan langsung mengolahnya. Harga lobster tidaklah murah jadi pastikan kamu mendapat seafood lezat ini dengan kualitas yang maksimal.

2. Bersihkan dengan benar

Sebelum diproses jadi bakso, lobster harus dibersihkan lebih dulu. Cuci lobster dengan air mengalir, gunakan sikat kecil untuk menggosok beberapa bagian kulit lobster.

Perhatikan bagian sela-sela lipatan di bawah badan lobster, kamu bisa menyikat sela-sela ini agar lobster dipastikan bersih dari kotoran, termasuk sisa pasir laut. Potong ujung sungut lobster yang tajam dan kaki lobster.

3. Rebus lobster hingga matang

 

 

Mantul! Di Jombang Ada Bakso Lobster yang Gurih Segar5 Tips Bikin Bakso Lobster ala Warung Bakso Foto: Enggran Eko Budianto/detikcom

Sebelum dilapisi dengan adonan bakso, lobster harus lebih dulu dimasak hingga matang. Rebus lobster dalam air mendidih hingga kulitnya berubah warna menjadi oranye kemerahan.

Lamanya waktu perebusan ini berbeda tergantung ukuran lobster yang digunakan. Tetapi idealnya proses perebusan memakan waktu sekitar 5-8 menit. Jangan terlalu lama merebus lobster karena nantinya akan direbus kembali setelah lobster dilapisi adonan bakso.

4. Lapisi lobster dengan adonan bakso

Buat racikan adonan bakso lalu lapisi ke lobster secara perlahan. Resep bakso bisa dilihat di sini.

Pastikan adonan melekat kuat pada badan lobster. Sisakan bagian kepala lobster agar tidak tertutup adonan bakso. Lakukan pada lobster satu per satu.

Rebus bakso lobster hingga mengapung dan matang, angkat serta sisihkan. Proses perebusan bakso lobster ini cukup memakan waktu lama untuk memastikan adonan bakso matang seluruhnya. Sajikan bakso selagi hangat agar tekstur lobster terasa lembut.

 

 

5. Membuat kuah kaldu seafood

Jangan buang air bekas rebusan lobster dan bakso, ini bisa dijadikan kuah kaldu dengan aroma dan rasa seafood. Kamu hanya perlu menambahkan aneka bumbu seperti bawang putih, lada dan garam. Untuk mengusir bau amis, kamu bisa menambahkan serai yang sudah dimemarkan.

Guyur bakso lobster dengan kuah ini selagi panas. Sajikan dengan pelengkap mie dan sayuran. Makin mantap lagi kalau kaldu juga diberi rebusan tulang sumsum sapi agar rasanya makin gurih. Selamat mencoba!

Baca juga !