Wed. Nov 30th, 2022

Nagabola.net

Informasi Seputar Berita Sepak Bola Terlengkap dan Terupdate Setiap Hari

7 Kuliner Cirebon yang Wajib Dicoba, Mulai dari Nasi Jamblang sampai Mie Koclok

3 min read

 Kota Cirebon dikenal sebagai kota yang memiliki banyak makanan yang enak. Bagi siapapun yang berkujung ke kota Cirebon wajib untuk mencicipi makanan khas Kota Udang (julukan kota Cirebon) ini. Lalu apa saja rekomendasi 7 kuliner Cirebon yang wajib dicoba?

Kuliner asal kota Cirebon seperti Mie Koclok, Nasi LengkoNasi Jamblang dan masih banyak lainnya. Lantas apa saja kuliner kota Cirebon yang wajib kamu coba? Suara.com telah merangkumnya untuk kamu. Simak ulasannya berikut ini.

1. Nasi Jamblang Bu Nur

Nasi Jamblang Ibu Nur di Cirebon. [Suara.com/Firsta Nodia]
Nasi Jamblang Ibu Nur di Cirebon. [Suara.com/Firsta Nodia]

Nasi Jamblang merupakan makanan khas Cirebon yang terkenal. Nasi Jamblang menawarkan berbagai macam varian lauk yaitu, otak sapi, kentang, telur asin, aneka olahan ikan dan lainnya.

Nasi Jamblang Bu Nur dalam satu porsinya memiliki harga Rp 20.000. Warung Nasi Jamblang Bu Nur ini terletak di Jalan Cangkring yang buka setiap Senin – Jumat (07.00 WIB – 21.00 WIB) dan sabtu – minggu (07.00 WIB – 19.00).

2. Empal Gentong Haji Apud

Empal gentong merupakan salah satu makanan favorit di kota Cirebon. Empal gentong ini memiliki tekstur daging yang empuk dan lezat.

Empal Gentong Haji Apud terletak di Jl. Ir. H. Juanda No.24, Battembat, Kec. Tengah Tani, Cirebon yang buka dari pukul 09.00 WIB sampai 21.00 WIB.

3. Bubur Moh. Toha

Bubu Moh. Toha menjadi tempat jual bubur ayam yang favorit di kota Cirebon. Bubur ayam ini dilengkapi dengan topping yang lengkap dengan telur setengah matang. Selain bubur ayam, kamu juga dapat mencoba bubur manis dengan ketan hitam.

Bubur Moh. Toha terletak di l. Moh. Toha No.20, Kebonbaru, Kec. Kejaksan, Kota Cirebon yang buka selama 24 jam.

4. Mie Koclok Jatimerta

Mie Koclok merupakan salah satu jenis mie yang dibuat dengan kuah santan dan diberi topping ayam, toge, telur. Mie Koclok sangat cocok dikonsumsi untuk makan siang.

Untuk harga setiap porsi Mie Koclok ini sekitar Rp 13.000. Mie Koclok Jatimerta ini terletak di Jalan Kartini yang buka dari pukul 12.00 WIB sampai 22.00 WIB.

5. Docang Pak Kumis

Docang Pak Kumis merupakan makanan yang terbuat dari lontong yang dicampur dengan daun singkong, taoge, dan sambal docang. Docang cocok dinikmati dengan kerupuk dan kuah rempah. Lokasi Docang Pak Kumis terletak di Jalan Tentara Pelajar, Pekiringan, Cirebon. Buka dari pukul 06.00-11.00 WIB dan 17.00-21.00 WIB.

6. Nasi Lengko Haji Barno

Nasi Lengko H. Barno di Cirebon punya kelezatan legendaris. (Dok. Instagram/Kulinercirebon)
Nasi Lengko H. Barno di Cirebon punya kelezatan legendaris. (Dok. Instagram/Kulinercirebon)

Nasi Lengko ini merupakan salah satu makanan khas Cirebon yang terletak pada daun kucai yang ada di atas nasi. Nasi Lengko Haji Barno dilengkapi dengan potongan gorengan tahu, tempe dan timun. Rasa makanan ini akan lebih nikmat jika disantap dengan sambal kacang dan kerupuk.

Nasi Lengko Haji Barno ini terletak di Jalan Pagongan dan Jalan Dr. Cipto Mangunkusumo yang memiliki harga perporsinya sekitar Rp 10.000.

7. Sate Kalong – Drajat Kesambi

Sate kalong ini bukan sate yang terbuat dari kalong atau kelelawar namun dari daging kerbau. Sate kalong ini berarti sate yang hanya buka pada malam hari seperti layaknya kelelawar yang beraktivitas pada malam hari.

Sate kalong – Drajat Kesambi ini terletak di Jalan Kesambi Dalam No.102, Kesambi, Drajat, Kec. Kesambi, Kota Cirebon buka pada pukul 19.00 WIB hingga 23.00 WIB.

Itulah daftar 7 kuliner favorit yang wajib kamu coba ketika melancong ke kota Cirebon.

Baca juga !