Mon. Oct 3rd, 2022

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Apple Pakai Penyuplai Baru untuk Kamera iPhone 13

2 min read

Jakarta –

Beragam rumor sudah beredar untuk iPhone 13, contohnya adalah tak ada peningkatan signifikan dari kualitas kamera dibanding lini iPhone 12. Namun Apple bakal punya penyuplai baru untuk lensa kamera di iPhone 13.

Perusahaan penyuplai baru itu adalah Sunny Optical, yang sedang didekati Apple untuk menyuplai lensa kamera iPhone 13. Jika berhasil, Sunny Optical akan bergabung bersama Largan, Yujingguang, dan Kantatsu, yang sebelumnya sudah menjadi penyuplai kamera iPhone.

Para penyuplai kamera itu bakal menyerahkan lensa buatannya ke LG Innotek untuk dirakit menjadi sebuah kamera. Sunny Optical sendiri disebut bakal berperan untuk menyuplai lensa 7P di kamera utama iPhone 13.

Ada juga rumor yang menyebutkan kalau lensa ultrawide di iPhone 13 bakal memakai lensa 6P yang lebih baik, dengan bukaan lebih besar (f/1,8) dan autofokus. Namun tak diketahui siapa yang akan memproduksi lensa tersebut.

Analis Ming-Chi Kuo pada Juli 2020 lalu mengatakan raksasa teknologi ini akan menyematkan kamera periskop telephoto untuk iPhone yang dirilis tahun 2022 mendatang.

Lensa periskop sendiri belakangan memang menjadi primadona di kalangan ponsel flagship. Teknologi ini memberikan kemampuan pada ponsel untuk mengambil foto dengan zoom optical yang tinggi meski dalam kondisi ruangan yang terbatas seperti di dalam ponsel.Dalam catatan penelitian yang dirilis TF Securities, Kuo mengatakan hal ini tergantung jika supplier lensa Semco dan Sunny Optical bergabung ke dalam supply chain Apple.

Apple sebelumnya sudah menggunakan lensa telephoto 2x untuk iPhone 7 Plus yang rilis pada tahun 2016. Tapi dengan lensa periskop, Apple bisa mendorong kemampuan zoom tersebut menjadi 5x atau lebih.

Rentang dan kedalaman lensa yang meningkat juga akan mendorong kemampuan fotografi iPhone untuk bersaing dengan Samsung Galaxy S20 Ultra dan Huawei P40 Pro Plus yang saat ini memiliki kemampuan zoom hingga 10x.

Namun nama Semco sendiri belum muncul dalam daftar penyuplai komponen untuk iPhone 13 sampai saat ini. Karena itulah kemudian Kuo menyebut kalau iPhone 13 tak akan mendapat peningkatan performa yang signifikan dibanding iPhone 12, meski analis lain tak setuju dengan pernyataan Kuo tersebut.