Mon. Feb 6th, 2023

Nagabola.net

Informasi Seputar Berita Sepak Bola Terlengkap dan Terupdate Setiap Hari

Batal Musyawarah, Ini Daftar Nama 15 Calon Anggota BPK Usai Dipilih Secara Voting Oleh DPR

2 min read

 Komisi XI DPR telah merampungkan proses seleksi terhadap 15 calon anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Dari uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test selama dua hari itu, Komisi XI memilih Nyoman Adhi Suryadnyana.

Nyoman terpilih melalui mekanisme pemungutan suara atau voting. Ia meraih 44 suara dari total 56 suara di Komisi XI.

Menanggapi keputusan yang dilakukan secara voting, Ketua Komisi XI Dito Ganinduto mengatakan, bahwa pemilihan sempat ingin dilakukan secara musyarawah. Namun kemudian kesepakatan anggota meminta bahwa pemilihan secara voting.

“Tadi kita kan sudah mau musyawarah, kesepakatannya ya untuk melakukan pemungutan suara,” kata Dito di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (9/9/2021).

Sementara itu, terkait dengan selesainya tahap seleksi, Komisi XI nantinya akan membawa hasil keputusan fit and proper test calon anggota BPK ke dalam rapat paripurna untuk disahkan.

“Dari sisi proses sudah selesai, Komisi XI sudah memilih, dan selanjutnya akan kita laporkan ke paripurna. Dan paripurna mungkin bisa mengambil keputusan yang lain, atau mungkin sesuai dengan keputusan di komisi,” kata Wakil Ketua Komisi XI Amir Uskara.

Voting Berkutat di Dua Nama

Nyoman Adhi Suryadnyana menjadi calon anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terpilih. Ia menang mutlak lewat mekanisme voting di Komisi XI.

Sebelumnya, nama Nyoman disorot publik lantaran dianggap tidak memenuhi syarat untuk ikut pencalonan.

Adapun perhitungan suara berlangsung sekitar 12 menit yang dimulai sejak pukul 20.14 WIB. Nama Nyoman bahkan sudah menggunggli 14 peserta lainnya pada awal perhitungan.

Nyoman mendapat enam suara berturut-turut sebanyak enam kali, baru setelahnya suara didapat untuk Dadang Suwarna.

Selanjutnya, perolehan suara hanya berkutat kepada dua nama, yakni Dadang dan Nyoman. Pada akhirnya surat suara terakhir yang dibacakan memilih nama Nyoman.

Total, Nyoman mengantongi 44 suara dari jumlah suara keseluruhan sebanyak 56 suara. Sementara sisa suara diperoleh Dadang dengan 12 suara.

“Dengan demikian calon anggota Badan Pemeriksa Keuangan tepilih, yaitu saudara Nyoman ialah saudara Nyoman Adhi Suryadnyana,” kata Ketua Komisi XI Dito Ganinduto.

Adapun 15 nama calon anggota BPK antara lain:

  1. Dadang Suwarna
  2. Dori Santosa
  3. Encang Hermawan
  4. Kristiawanto
  5. Shohibul Imam
  6. Nyoman Adhi Suryadnyana
  7. Hari Pramudiono
  8. Muhammad Komarudin
  9. Nelson Humiras Halomoan
  10. Widiarto
  11. Muhammad Syarkawi Rauf
  12. Teuku Surya Darma
  13. Harry Zacharias Soeratin
  14. Blucer Wellington Rajagukguk
  15. Laode Nusriadi

Baca juga !