Thu. Sep 29th, 2022

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Beda Golongan dan Eselon PNS, Mau Ikut CPNS 2021 Wajib Tahu

2 min read
 Banyak orang masih awam, tidak mengetahui beda golongan dan eselon PNS atau Pegawai Negeri Sipil. Padahal jika anda ingin ikut CPNS 2021 perlu tahu hal ini.

Bila Anda belum tahu beda golongan kepangkatan dan golongan eselon PNS, simak terus artikel ini sampai akhir. Berikut beda golongan dan eselon PNS.

Beda Golongan dan Eselon PNS

Kita ketahui lebih dulu arti golongan Pegawai Negeri Sipil (PNS). Pada dasarnya PNS terdiri dari 4 pangkat golongan antara lain:

  • Golongan I
  • Golongan II
  • Golongan III
  • Golongan IV

Golongan I PNS merupakan golongan terendah di PNS yang terbagi lagi menjadi golongan Ia, Ib, Ic, dan Id. Selanjutnya Golongan II PNS dibagi lagi menjadi golongan IIa, IIb, IIc, dan IId.

Kemudian, Golongan III PNS juga dibagi lagi menjadi golongan IIIa, IIIb, IIIc, dan IIId. Terakhir adalah Golongan IV, yang terbagi juga menjadi lima golongan yaitu golongan IVa, IVb, IVc, IVd, dan IVe.

Sementara itu, eselon PNS merupakan jabatan struktural yang dibagi menjadi empat eselon antara lain sebagai berikut:

  • Eselon I
    Jabatan struktural tertinggi yang terbagi menjadi dua yaitu eselon Ia dan eselon Ib. Tugas eselon I yaitu menetapkan kebijakan pokok agar sasaran jangka panjang dan jangka pendek dapat tercapai.
  • Eselon II
    Jabatan struktural sebagai pelaksana sebagai kepala sebuah instansi. Pangkat golongan IVc dan golongan IVd akan menempati hierarki pada eselon II. Jabatan lapis dua ini bertugas untuk merencanakan dan mengimplementasikan strategi untuk mengembangkan kebijakan pokok dari wilayah.
  • Eselon III
    Jabatan struktur lapis ketiga ini merupakan kepala bidang atau manajer madya dalam satuan kerja PNS. PNS golongan IIID dan golongan IVD biasanya menyempati hierarki ini. PNS Eselon III bertanggung jawab pada penyusunan dan realisasi strategi instansi yang berasal dari eselon II.
  • Eselon IV
    Pejabat eselon IV adalah kepala seksi atau manajer lini dalam satuan kerja. Pejabat eselon IV ditempati oleh PNS golongan IIIB dan golongan IIID. Tanggung jawab eselon IV ialah bertanggung jawab pada kegiatan operasional yang disusun oleh eselon III.

Dari uraian di atas sudah diketahui ya beda golongan dan eselon PNS? kurang lebih dapat diringkas seperti ini beda golongan dan eselon PNS:

  • Golongan PNS menunjukkan tingkatan berdasarkan ijazah dan jenis pekerjaan yang diberikan kepada pegawai.
  • Eselon adalah jabatan struktural yang diberikan kepada PNS yang berhak karena memenuhi syarat golongan untuk menduduki posisi eselon I, II, III, atau IV.

Demikian uraian tentang beda golongan dan eselon PNS di Indonesia. Jadi sekarang Anda yang mau ikut seleksi CPNS 2021 tidak lagi bingung dengan istilah jabatan golongan ataupun eselon.

Baca juga !