Thu. Sep 29th, 2022

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Belanda Disingkirkan Ceko, Wijnaldum ‘Hilang’

1 min read

Budapest –

Ada sorotan kepada Georginio Wijnaldum usai Belanda disingkirkan Republik Ceko. Gelandang sekaligus kapten Belanda itu gagal mengangkat performa timnya.

Memainkan laga babak 16 besar Euro 2020 di Puskas Arena, Minggu (27/6/2021), Belanda kandas usai takluk dengan skor 0-2. Kartu merah yang diterima Matthijs de Ligt memengaruhi Oranje sehingga kandas usai dibobol gol-gol dari Tomas Holes dan Patrik Schick.

Performa Wijnaldum pun tidak membantu situasi Belanda. Pemain yang baru saja bergabung dengan Paris St. Germain itu justru tidak kelihatan selama 90 menit di atas lapangan.

Statistik Opta mengemukakan, Wijnaldum tak berkutik usai hanya membuat 10 operan melawan Republik Ceko. Itu adalah operan paling sedikit yang dibuat oleh seorang outfield player Belanda yang bermain penuh di sebuah pertandingan fase knock out Piala Eropa (sejak 1980).

Legenda sepakbola Belanda Wesley Sneijder tidak terkesan dengan penampilan Wijnaldum. Semasa aktif bermain, Sneijder pernah membantu Belanda finis runner-up Piala Dunia 2010 dan peringkat ketiga di Piala Dunia 2014.

Belanda kesulitan menciptakan peluang bersih meski mendominasi penguasaan bola melawan Ceko dengan 52 persen. Tim besutan Frank de Boer itu tercatat hanya membuat enam percobaan tanpa satu pun mengarah ke gawang.”Hari ini kita tidak melihat apapun dari dia,” ceplos Sneijder kepada NOS. “Kemudian Anda mengharapkan si kapten untuk memimpin tim pada hari ini, tapi dia tidak melakukannya.”

“Gol-golnya yang kami berikan kepada lawan, peluang-peluang yang tidak kami ambil, itu semua dalam pikiran Anda. Setelah kartu merah kami sulit menekan mereka. Semuanya hanya menjadi semakin sulit bagi kami,” ucap Wijnaldum usai Belanda dikandaskan Ceko.