Mon. Nov 28th, 2022

Nagabola.net

Informasi Seputar Berita Sepak Bola Terlengkap dan Terupdate Setiap Hari

Berapa Biaya Perbaikan Layar Samsung Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 3?

2 min read

Jakarta –

Saat meluncurkan Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 3, Samsung mengunggulkan bodi yang lebih tangguh dan layar lipat yang lebih kuat. Tapi insiden bisa saja terjadi, termasuk yang menyebabkan layar tergores hingga retak.

Jika insiden yang tidak diinginkan itu terjadi, tentu pengguna ingin buru-buru mengganti layar lipatnya. Samsung pun mengungkap berapa biaya yang harus dikeluarkan pengguna untuk mengganti layar Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 3.

Dalam keterangannya kepada The Verge, seperti dikutip detikINET, Sabtu (21/8/2021) Samsung menyediakan garansi satu tahun untuk kedua ponsel itu, jadi kalau layar retak atau pecah dan sesuai dengan ketentuan Samsung maka pengguna bisa menggantinya tanpa dipungut biaya.

Setelah masa berlaku garansi habis, memperbaiki layar utama Galaxy Z Fold 3 membutuhkan biaya sebesar USD 749 (Rp 10,8 juta). Sedangkan untuk layar utama Galaxy Z Flip 3 dikenakan biaya USD 369 (Rp 5,3 juta).

Untungnya, biaya perbaikan layar eksternalnya jauh lebih murah. Untuk memperbaiki layar eksternal Galaxy Z Fold 3 dikenakan biaya USD 149 (Rp 2,1 juta), dan untuk Galaxy Z Flip 3 USD 99 (Rp 1,4 juta).

Samsung juga menawarkan layanan berlangganan Samsung Care+ dengan biaya USD 12,99 per bulan untuk kedua ponsel tersebut. Saat periode pre-order Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 3, pengguna bisa mendapatkan layanan Care Plus secara gratis untuk 12 bulan.

Samsung mengatakan pelanggan Care+ yang ingin memperbaiki layarnya tapi sudah di luar masa garansi akan dikenakan biaya USD 249. Dengan berlangganan Care+ pengguna juga bisa memperpanjang masa garansi ponselnya hingga dua tahun setelah garansi awalnya habis.

Setidaknya biaya di atas jauh lebih murah dibandingkan biaya perbaikan ponsel layar lipat Samsung generasi sebelumnya. Misalnya, perbaikan layar utama Galaxy Z Fold 2 di luar masa garansi membutuhkan biaya sebesar USD 549 (Rp 7,9 juta), sedangkan untuk Galaxy Z Flip 5G biayanya sebesar USD 499 (Rp 7,2 juta).

Biaya perbaikan ini cukup mahal karena layar lipatnya terbuat dari beberapa lapisan yang disatukan menggunakan perekat khusus. Perlu dicatat bahwa biaya di atas adalah untuk pasar Amerika Serikat, biaya di Indonesia tentu berbeda. Misalnya biaya pergantian layar utama Galaxy Z Flip di Indonesia adalah Rp 6,9 juta.

Untungnya pengguna Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 3 tidak perlu khawatir karena kedua ponsel ini sudah membawa banyak peningkatan yang membuat bodi dan layarnya lebih tangguh.

Bodinya dibuat menggunakan Armor Aluminum, yang merupakan aluminium terkuat yang pernah digunakan di ponsel. Tak lupa perlindungan dari Corning Gorilla Glass Victus yang bisa melindungi ponsel dari goresan atau kejatuhan yang tidak diharapkan.

Bagian layar yang dilipat juga memakai lapisan berbahan PET yang bisa merenggang dan panel layar utama yang lebih optimal sehingga menciptakan layar yang 80% lebih tahan lama dibanding pendahulunya. Engsel yang digunakan dijanjikan bisa dibuka tutup hingga 200 ribu kali.