Sun. Sep 25th, 2022

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Biden: AS Berkomitmen Evakuasi Warga dari Afghanistan, Tanpa Batas Waktu

1 min read

Washington DC –

Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, menegaskan pemerintahannya berkomitmen mengevakuasi warga AS yang masih berada di Afghanistan setelah seluruh tentara AS ditarik. Biden menyatakan AS akan terus melanjutkan upaya-upaya diplomatik untuk mengevakuasi mereka yang tertinggal.

“Bagi warga Amerika yang tersisa, tidak ada batas waktu (untuk evakuasi),” tegas Biden dalam pidatonya membahas isu Afghanistan di Gedung Putih, seperti dilansir CNN, Rabu (1/9/2021).

“Kami tetap berkomitmen untuk mengeluarkan mereka jika mereka ingin keluar,” imbuhnya.

Dituturkan Biden bahwa pemerintahannya meyakini ada sekitar 100-200 warga AS yang kini masih ada di Afghanistan. “Beberapa berniat untuk pergi,” ucapnya.

Biden menegaskan kembali komitmen AS untuk mengevakuasi setiap warganya yang ingin meninggalkan Afghanistan dan menyatakan bahwa Menteri Luar Negeri (Menlu) Antony Blinken akan memimpin upaya-upaya diplomatik untuk mewujudkannya.

Komitmen AS ini juga berlaku untuk warga Afghanistan dan warga negara lain yang ingin meninggalkan Afghanistan.

“Menteri Luar Negeri Blinken, memimpin upaya diplomatik berkelanjutan untuk memastikan jalur aman bagi setiap warga Amerika, mitra Afghanistan atau warga negara asing, yang ingin meninggalkan Afghanistan,” ungkapnya.

“Faktanya, kemarin, Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) meloloskan sebuah resolusi yang memberikan pesan jelas soal harapan komunitas internasional agar Taliban bergerak maju. Khususnya, terkait kebebasan bepergian, kebebasan untuk pergi,” ujar Biden.

Disebutkan Biden bahwa kebanyakan warga AS yang masih ada di Afghanistan merupakan mereka yang berkewarganegaraan ganda dan penduduk lama yang memiliki ‘akar keluarga di Afghanistan’.

Biden juga memuji upaya militer AS mengevakuasi ’90 persen warga Amerika yang ingin pergi’ keluar dari Afghanistan.

Baca juga !