Tue. Oct 4th, 2022

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Cabai Rawit di Jateng-Jatim Mulai Panen, Kapan Harga Turun?

2 min read

Jakarta –

Harga cabai rawit merah telah lama bertahan di atas Rp 100.000/Kg, terutama di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Kenaikan harga terjadi karena kurangnya pasokan cabai dari sentra-sentra produksi seperti di Jawa Tengah (Jateng) dan Jawa Timur (Jatim).

Berdasarkan data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional, harga cabai rawit merah di DKI Jakarta hari ini, Rabu (31/3/2021) rata-rata masih mencapai Rp 113.350/Kg.

Meski begitu, menurut Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) Syailendra, sentra-sentra produksi cabai di Jateng dan Jatim sudah mulai panen.

Bahkan, menurutnya di Kabupaten Kediri yang merupakan salah satu sentra produksi, harganya sudah turun drastis ke Rp 38.000/Kg.

“Kalau cabai rawit sudah mulai produksi, terutama Kediri, dataran rendah sudah mulai panen. Di Kediri Rp 38.000/Kg. Dan di beberapa sentra lain sudah turun sampai Rp 50.000/Kg. Makanya turunnya langsung anjlok,” tutur Syailendra kepada detikcom.

“Jadi kalau Jakarta banyak supply itu dari Jawa Timur. Kalau melihat tren ini mungkin Rp 40.000-45.000/Kg,” kata Syailendra.Dengan demikian, pihaknya memprediksi harga cabai rawit merah di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya pada awal April akan berangsur turun. Khususnya di bulan Ramadhan atau puasa yang jatuh pada pertengahan April, ia menargetkan turunnya sampai ke Rp 40.000-45.000/Kg.

Ia memang optimistis harga cabai rawit merah akan berangsur turun di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Justru, dirinya mengkhawatirkan harga cabai merah keriting yang akan naik.

“Yang perlu diwaspadai adalah cabai keriting merah. Karena memang sudah di-detect supply-nya akan turun,” imbuhnya.

Sebagai informasi, harga cabai merah keriting hari ini berdasarkan PIHPS Nasional ialah Rp 59.150/Kg di wilayah DKI Jakarta. Sementara itu, berdasarkan data Info Pangan Jakarta, harga cabai merah keriting Rp 54.148/Kg.

Baca juga !

2 min read