Mon. Oct 3rd, 2022

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Cara Bersihkan Casing atau Softcase HP Berdasarkan Bahannya

2 min read

Pernahkah Anda memperhatikan casing atau softcase HP Anda? Biasanya, casing HP atau softcase cepat kotor atau menguning lantaran kerap dipegang atau diletakan di sembarang tempat.

Casing HP maupun softcase yang kotor tidak cuma mengganggu desain HP, tapi juga berisiko membuat perangkat cepat rusak. Betapa tidak, kotoran seperti debu atau partikel kecil yang menumpuk bisa masuk ke dalam komponen perangkat.

Walhasil, lambat laun, performa perangkat bisa terganggu apabila kotoran tidak segera dibersihkan. Selain itu, casing HP atau softcase yang kotor juga menyimpan banyak kuman yang mudah memicu timbulnya penyakit karena perangkat sering digunakan.

Cara membersihkan casing atau softcase HP bisa dikatakan “gampang-gampang susah”. Sebab, pemilik perlu mengetahui lebih dulu bahan dari casing atau softcase yang terpasang di ponselnya. Di pasaran, umumnya casing HP atau softcase terbuat dari bahan plastik, silikon, atau kulit.

Lantas, bagaimana cara membersihkan casing atau softcase HP berdasarkan jenis bahannya? Berikut KompasTekno rangkum tips membersihkan casing HP atau softcase sesuai bahannya.

Casing atau softcase HP berbahan plastik

Untuk ponsel yang menggunakan casing atau softcase berbahan plastik, sebaiknya menggunakan pemutih untuk membersihkannya. Berikut ini cara membersihkannya.

  • Campurkan satu sendok pemutih pada segelas air setelah itu rendam casing selama 5-10 menit.
  • Jika terdapat noda yang menempel gosok perlahan bagian noda tersebut menggunakan sikat dan jangan lupa menggunakan sarung tangan agar kulit Anda lebih aman serta terhindar dari cairan keras pemutih.
  • Setelah direndam menggunakan pemutih, bilas casing HP dengan air bersih hingga tidak tersisa cairan pemutih
  • Setelah itu angin-anginkan selama 1,5 jam atau mengelapnya menggunakan tisu kering yang bersih.

Casing atau softcase HP berbahan Karet atau Silikon

Casing atau softcase berbahan karet atau silikon memiliki tekstur yang cukup lembut daripada casing plastik. Sebab itulah, disarankan untuk menggunakan sabun cuci piring yang lembut untuk membersihkannya.

Jika masih terdapat noda yang membandel, Anda dapat menambahkan soda kue. Berikut ini cara membersihkannya:

  • Mulai dengan tambahkan sabun cuci piring dengan air hangat kemudian aduk rata. Setelah itu gunakan spons lembut dan celupkan pada campuran sabun dan air.
  • Gosok perlahan, jika perlu tambahkan soda kue jika terdapat noda yang membandel. Setelah menggosoknya, bilas casing dengan air bersih hingga tidak ada sabun yang tersisa.
  • Anginkan beberapa jam atau mengelapnya menggunakan tisu atau lap kering yang lembut. Agar lebih terawat, bersihkan casing HP dengan lap yang ditambah cairan disinfektan secara rutin agar semakin bersih.

Casing atau softcase HP Berbahan Kulit

Untuk membersihkan casing atau softcase HP yang berbahan kulit bisa menggunakan sabun cuci dan air hangat, berikut ini caranya:

  • Campurkan air hangat dengan sabun cuci tangan dalam wadah dan berikan secukupnya. Karena casing HP berbahan kulit cukup sensitif maka Anda tidak boleh mencelupkannya secara langsung.
  • Gunakan kain dan celupkan pada cairan tersebut dan peras hingga lembap dan mulai mengelapnya perlahan menggunakan kain tersebut. Setelah membersihkannya dengan kain lembab, keringkan menggunakan kain kering.
  • Sebagai tips tambahan agar casing lebih awet, maka tambahkan kondisioner kulit agar casing berbahan kulit lebih awet dan jauhkan dari sinar dan panas matahari langsung.

Itulah beberapa cara membersihkan casing atau softcase HP sesuai bahannya. Semoga membantu.