Majalah Time menobatkan CEO Tesla dan SpaceX Elon Musk sebagai Person of the Year.

“Person of the Year adalah penanda pengaruh, dan hanya sedikit individu yang memiliki pengaruh lebih besar daripada Musk dalam kehidupan di Bumi, dan juga berpotensi kehidupan di luar Bumi,” tulis pemimpin redaksi Time Edward Felsenthal.

“Pada tahun 2021, Musk muncul tidak hanya sebagai orang terkaya di dunia tetapi juga sebagai contoh terkaya dari perubahan besar-besaran dalam masyarakat kita,” tambahnya Senin (13/12/2021).

1. Prestasi Elon Musk

Elon Musk Dianugerahi Gelar Person of the Year Majalah TimeNama Elon Musk dalam setahun terakhir memang telah banyak menarik perhatian. Musk tahun ini telah berhasil menjadi orang terkaya di dunia, yang sebagian disebabkan karena kenaikan harga saham Tesla.

Selain itu, melalui perusahaan roketnya, SpaceX, Musk meluncurkan misi pertama ke orbit Bumi yang membawa orang biasa, bukan astronot profesional.

2. Skandal dan masalah seputar Elon Musk

Elon Musk Dianugerahi Gelar Person of the Year Majalah TimeNamun, di samping prestasinya tersebut, Musk dikenal sebagai tokoh yang lekat dengan kontroversi. Pada 2018 lalu, Komisi Sekuritas dan Bursa AS mendakwanya dengan penipuan karena Musk men-tweet bahwa ia sedang mempertimbangkan untuk menjadikan Tesla sebagai perusahaan pribadi.

Selain masalah langsung dengan dirinya, perusahan mobil listrik Musk, Tesla, juga menjadi objek pengawasan regulator. Perangkat lunak Autopilot perusahaan sedang dalam penyelidikan federal terkait kecelakaan yang terjadi dengan kendaraan darurat yang sedang diparkir, dan penyelidikan New York Times baru-baru ini mempertanyakan keamanan perangkat lunak tersebut.

Dalam wawancara dengan Time, Musk membahas beberapa isu itu. “Statistik yang saya pikir pada titik ini jelas adalah bahwa jauh lebih banyak kecelakaan dengan Autopilot mati daripada saat Autopilot hidup,” kata Musk.

“Ini bukan untuk mengatakan bahwa Autopilot itu sempurna. Sekarang Anda bisa mengemudi sendiri sepenuhnya di mana Anda tidak perlu memperhatikan. Kami jelas masih memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan,” tambah Musk.

3. Sejarah singkat Person of the Year

Elon Musk Dianugerahi Gelar Person of the Year Majalah TimeTradisi penobatan dari Time ini dimulai pada 1927 sebagai “Man of the Year” dan sejak itu berubah tidak hanya untuk memberikan penghargaan pada individu, tetapi juga untuk mempertimbangkan dampak dari kelompok, gerakan, atau ide yang paling berpengaruh dalam satu tahun terakhir.

Pada 2020, Joe Biden dan Kamala Harris dipilih secara bersamaan sebagai Person of the Year. Namun, penobatan tahunan itu tidak selalu dianggap sebagai suatu kehormatan, karena pemilihan bisa saja dilakukan karena orang itu membawa pengaruh negatif. Misalnya, Adolf Hitler dinobatkan sebagai Man of the Year pada tahun 1938.