Sun. Oct 2nd, 2022

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Harga Bitcoin cs Ngegas Terus, Ini 6 Penyebabnya

4 min read

Jakarta – Dalam sepekan terakhir, harga sejumlah cryptocurrency teratas seperti bitcoin dan ethereum terus mengalami peningkatan. Padahal, sebelum harga kripto anjlok cukup dalam.
Melansir dari CNBC, Selasa (5/10), nilai bitcoin naik lebih dari 14,8% bila dibandingkan dengan minggu lalu. Menurut CoinMarketCap saat ini bitcoin tengah diperdagangkan di harga US$ 49.365 atau sekitar Rp 705,9 juta (kurs Rp 14.300)

Sedangkan untuk ether, nilainya mengalami kenaikan sebesar 14%, dan diperdagangkan pada kisaran sekitar US$ 3.425 atau sekitar Rp 48,97 juta.

Seiring dengan pergerakan harga cryptocurrency, berikut adalah enam hal penting yang terjadi:

1. Coinbase buka layanan setor gaji
Pada Senin minggu lalu, perusahaan perdagangan uang digital, Coinbase, telah mengumumkan bahwa para pelanggannya dapat menyetor persentase berapa pun dari gaji mereka langsung ke akun mereka. Pengguna dapat menyimpan uang mereka dalam dolar atau segera mengubah gaji mereka menjadi cryptocurrency tertentu seperti bitcoin tanpa biaya.

“Dengan setoran langsung, pelanggan dapat lebih mudah mengakses layanan keuangan kripto-pertama kami dan siap untuk perdagangan atau pembelian apa pun,” kata Max Branzburg, wakil presiden produk di Coinbase, dalam sebuah posting blog.

“Kami bertekad untuk memberikan rangkaian lengkap layanan keuangan kripto pertama yang paling tepercaya kepada 68 juta pengguna kami,” jelasnya lagi

Dikabarkan kalau peluncuran layanan tersebut akan dilakukan dalam beberapa minggu mendatang. Meskipun tidak menentukan yang mana, Coinbase mengatakan akan menggunakan mitra bank yang diasuransikan FDIC untuk setoran langsungnya.

2. Pernyataan Elon Musk
Pada Selasa pekan lalu, Elon Musk selaku CEO Tesla dan SpaceX sekaligus orang paling kaya di dunia mengatakan kalau pemerintah AS harus menghindari pengaturan pada pasar crypto.

“Tidak mungkin menghancurkan crypto, tetapi mungkin bagi pemerintah untuk memperlambat kemajuannya,” kata Musk pada Konferensi Kode di Beverly Hills.

“Saya akan berkata, ‘Jangan lakukan apa-apa,'” kata Musk.

Seperti yang sudah diketahui, Musk telah lama menjadi pendukung cryptocurrency. Terlepas dari kritiknya baru-baru ini terhadap penambangan bitcoin dan dampak lingkungannya, Musk menegaskan bahwa ia secara pribadi memiliki cryptocurrency, bersama dengan eter dan dogecoin.

3. TikTok meluncurkan koleksi NFT
Pada Kamis kemarin, TikTok mengumumkan akan meluncurkan koleksi NFT (atau token nonfungible) pertama mereka, yang disebut TikTok Top Moments.

“Koleksinya akan mencakup enam NFT yang dirancang oleh beberapa pembuat konten yang mendefinisikan komunitas kami dan terinspirasi oleh video trending yang mereka buat,” tulis perusahaan itu dalam sebuah posting blog.

Nantinya setiap pembuat TikTok unggulan akan bermitra dengan artis NFT terkemuka. Nama-nama besar yang terlibat termasuk Lil Nas X, Gary Vaynerchuk, “Gadis Kombucha” Brittany Broski dan Grimes, serta beberapa nama lainnya.

4. Jerome Powell mengatakan dia tidak berniat untuk melarang cryptocurrency
Selama kesaksiannya di depan House Committee on Financial Services pada hari Kamis, Ketua Federal Reserve Jerome Powell mengklarifikasi bahwa dia tidak berniat untuk melarang semua cryptocurrency.
Namun, dia mengatakan bahwa stablecoin, yang seharusnya dipatok untuk aset cadangan seperti dolar AS, harus tunduk pada sejumlah regulasi.

“Stablecoin seperti dana pasar uang, seperti deposito bank. Tetapi mereka sampai batas tertentu di luar batas peraturan dan pantas untuk diatur,” kata Powell.

“Aktivitas yang sama, regulasi yang sama,” jelasnya.

Pada hari Jumat, Wall Street Journal melaporkan bahwa pemerintahan Biden sedang mempertimbangkan cara untuk memberlakukan peraturan seperti bank pada perusahaan cryptocurrency yang mengeluarkan stablecoin.

5. El Salvador telah mulai menambang bitcoin menggunakan energi dari gunung berapi
Pada Jumat pekan lalu, presiden El Salvador Nayib Bukele mentweet kalau saat ini negaranya itu sedang menambang 0,00599179 bitcoin, atau sekitar US$ 269 (setara dengan Rp 3,8 juta), dengan kekuatan yang dimanfaatkan dari gunung berapi.

Ini terjadi setelah Bukele men-tweet bahwa dia telah menginstruksikan perusahaan listrik panas bumi milik negara LaGeo SA de CV untuk memasang rencana untuk menawarkan fasilitas untuk penambangan #Bitcoin dengan energi emisi yang sangat murah, 100% bersih, 100% terbarukan, 0 emisi dari gunung berapi kita pada bulan Juni lalu.

Bukele mengatakan dalam tweetnya pada hari Jumat bahwa proyek penambangan gunung berapi masih dalam proses dan bahwa negara itu masih menguji dan memasang peralatan penambangan baru.

6. Terjadi Bug di Compound Labs

Pada akhir pekan lalu, sistem pada perusahaan perdagangan crypto, Compound, secara tidak sengaja mengalami bug. Bug ini memungkinkan kumpulan dana Compound dapat diklaim oleh pengguna secara tidak sengaja.

Setidaknya terdapat dana senilai sekitar US$ 162 juta atau setara dengan Rp 2,3 T secara tidak sengaja telah terdistribusikan ke pengguna layanannya. Karena itu pihak perusahaan telah meminta kepada seluruh pelanggannya yang menerima dana tersebut untuk segera mengembalikannya.

“Jika Anda menerima jumlah COMP yang besar dan salah dari kesalahan protokol Compound: Tolong kembalikan,” kata Robert Leshner, pendiri Compound Labs, melalui sebuah tweet pada Kamis malam.

Leshner menawarkan kepada para penggunanya yang bersedia mengembalikan uang tersebut untuk menyimpan 10% sebagai “topi putih” (imbalan).

“jika tidak, itu dilaporkan sebagai pendapatan ke IRS, dan sebagian besar dari Anda doxxed,” tambahnya.

Sementara Compound bekerja untuk memperbaiki bug, beberapa pengguna telah mengembalikan dana yang diklaim. Selain itu, tidak ada dana pengguna yang atau berisiko, karena bug memengaruhi kumpulan protokol daripada dana yang dipasok atau dipinjam.

Baca juga !

2 min read