Fri. Sep 30th, 2022

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Heran Warga AS Menjadi Bupati Terpilih di NTT, NasDem: Ada Keteledoran

2 min read

Jakarta –

Bupati terpilih Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur (NTT), Orient Patriot Riwu Kore, berstatus warga negara Amerika Serikat (AS). NasDem menegaskan warga negara Indonesia (WNI) merupakan syarat mutlak menjadi kepala daerah.

“Ya kan salah satu syarat menjadi kepala daerah itu kan harus WNI ya. Itu kan syarat mutlak,” kata Sekretaris Fraksi NasDem DPR RI, Saan Mustopa kepada wartawan, Selasa (3/2/2021).

Menurut Saan, kesalahan bukan berasal dari Orient Patriot Riwu Kore. Namun, ia menilai ada keteledoran yang terjadi dalam sistem pemilu setempat.

“Karena kan kesalahan bukan di orangnya berarti. Orangnya ya mendaftarkan ya, dia dinyatakan lolos, dia dinyatakan sah sebagai pasangan calon ya maju. Berarti kan ada keteledoran. Ada ketidakhati-hatian,” ujarnya.

Karenanya, Wakil Ketua Komisi II DPR RI itu akan meminta keterangan kepada KPU dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Mulai dari proses verifikasi hingga proses administratif.

“Kenapa juga punya KTP, ini kan sistem administrasi kependudukan kita kan berarti masih ada sedikit problem lah kan kalau misalnya ini, kok bisa gitu loh warga negara asing mencalonkan diri dan menang. Nanti kita akan klarifikasi ke KPU dan pemerintah (Kemendagri) ya bagaimana untuk menindaklanjutinya,” ucapnya.

Sebelumnya diberitakan, Bawaslu Sabu Raijua mengungkap bupati terpilih Sabu Raijua, Orient P Riwu Kore, masih berstatus warga negara Amerika Serikat (AS). Bawaslu mengungkap hal tersebut setelah mendapat konfirmasi dari Kedutaan Besar (Kedubes) AS.

“Jadi kami baru melakukan data bahwa Saudara Orient P Riwu Kore adalah benar berkewarganegaraan AS. Itu dari Kedubes AS,” kata Ketua Bawaslu Sabu Raijua, Yudi Tagihuma, saat dihubungi, Selasa (2/2).

Setelah mendapatkan jawaban dari Kedubes AS, Bawaslu Sabu Raijua mengirimkan surat kepada pihak KPU dan Bawaslu di tingkat provinsi dan tingkat nasional. Bawaslu mempersilakan pihak yang dirugikan untuk membuat pengaduan.
Dalam Pilkada 2020, Orient P Riwu Kore berpasangan dengan Thobias Uly. Berdasarkan Sirekap KPU, pasangan calon (paslon) nomor urut 02 ini mendapatkan 21.359 suara (48,3%).

Mereka mengalahkan paslon 01, Nikodemus H Riki Heke-Yohanis Uly Kale, yang mendapatkan 13.292 suara (31,1%); dan paslon 03, Takem Irianto Radja Pono-Herman Hegi Radja Haba, yang memperoleh 9.569 suara (21,6%).

Baca juga !