Wed. Sep 28th, 2022

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Jajaran Aplikasi Populer di AppGallery HMS di Tablet Huawei

3 min read

Jakarta – Huawei menggunakan Huawei AppGallery yang merupakan pasar aplikasi resmi dari Huawei untuk mencari beragam aplikasi. Tak hanya aplikasi global yang populer, Huawei AppGallery juga menyediakan beragam aplikasi lokal pilihan yang cocok untuk penggunanya.

 

AppGallery adalah toko aplikasi resmi Huawei, dan kini menjadi salah satu dari 3 teratas di global. AppGallery pertama kali diluncurkan di China pada tahun 2011 dan versi global secara resmi diluncurkan pada April 2018.

AppGallery memiliki sembilan tahun pengalaman dalam menggabungkan dan mendistribusikan aplikasi, termasuk aplikasi global yang populer dan aplikasi berkualitas yang dilokalkan.

Kini, AppGallery tersedia di lebih dari 170 negara/wilayah dengan 530 juta pengguna aktif setiap bulannya di seluruh dunia. Fitur ini mencakup aplikasi dan layanan utama di Eropa, Amerika Latin, Asia Pasifik, Timur Tengah, Afrika, dan lebih banyak wilayah.

Dari keterangan resmi yang diterima detikInet, Huawei pun membeberkan aplikasi yang paling populer di dalam Huawei AppGallery. Sebanyak 92 aplikasi populer dari beragam kategori muncul dalam daftar tersebut.

Seperti aplikasi shopping Shopee yang menjadi urutan pertama pada aplikasi populer di AppGallery. Ada juga media sosial TikTok yang menempati urutan kedua di aplikasi populer. Tak hanya itu, ada pula aplikasi lainnya mulai Mobile JKN, LinkAja, Grab dan aplikasi dari kategori lainnya.

Berikut ini beberapa daftar top aplikasi di AppGallery Huawei e-commerce diantaranya Shopee, Lazada, Tokopedia, Akulaku, JD.ID, Blibli, Bukalapak. Perbankan ada BSI Mobile, GO Mobile by CIMB Niaga, Permata Mobile, Dana, BCA Mobile, BTN Mobile, Link Aja, BNI Mobile Banking, Livin by Mandiri. Berikutnya aplikasi transportasi ada Grab, My BlueBird, aplikasi edukasi ada Ruang Guru, aplikasi hiburan ada iflix, dan masih banyak lagi.

huawei

Bila melihat daftar yang diberikan oleh Huawei tersebut, terlihat beberapa aplikasi populer yang juga kerap dicari-cari. Salah satunya adalah Ruangguru yang menjadi aplikasi edukasi populer yang ada di Huawei AppGallery.

Sebab di masa pandemi, banyak siswa yang harus belajar dari rumah, dan ini membuat pencarian aplikasi edukasi menjadi meningkat. Oleh karena itu, Huawei AppGallery menyediakan aplikasi Ruangguru untuk membantu para siswa belajar dengan baik di masa pandemi.

huawei

Uniknya, Huawei yang mengoperasikan Huawei Mobile Service (HMS) bukan Google Mobile Service (GMS) juga mampu mengoperasikan Google Classroom. Aplikasi ini membantu para siswa untuk mendukung proses pembelajaran dari rumah.

Bagaimana menggunakan Google Classroom pada perangkat HMS?

Pertama ketik dan cari aplikasi Google Classroom pada AppGallery. Setelah ada, kemudian klik open dan nanti akan ada pilihan untuk ditampilkan sebagai Quick App Center pada home screen.

Dari Quick App, user bisa menampilkan di home screen layaknya aplikasi pada umumnya. Langkah berikutnya masuk menggunakan akun Google, dan Google Classroom dapat digunakan.

huawei

Ini membuktikan, Dengan HMS, user dapat mencari dan mengunduh aplikasi melalui AppGallery. Dalam perjalannya, pertumbuhan dan progres AppGallery mengalami peningkatan yang baik. Bahkan di Indonesia, HMS berkembang pesat dengan melibatkan 90% aplikasi lokal top di AppGallery.

Perkembangan HMS juga diikuti oleh penjualan produk dari Huawei khususnya produk Huawei MatePad Tablet. Sebuah data dari IDC mengungkapkan pada tahun 2020, Huawei (termasuk Honor) mengirimkan 16 juta tablet ke seluruh dunia, peringkat No.4 secara global, dengan pangsa pasar 9,8%.

Penjualan Tablet HUAWEI terus Tumbuh Pesat dari 2018 hingga 2021. Pada 2018 ada 9 juta unit yang terjual atau 50% YoY (2,3 juta di China dan 6,7 juta di luar negeri). Sedangkan pada tahun 2019 terjual 11,1 juta, 23% YoY (7,3 juta di luar negeri, 3,8 juta China).

Tren penjualan tersebut berlanjut pada 2020 yaitu 15,3 juta, 36% YoY (7,1 juta China, 6,6 juta tablet GMS di luar negeri, dan 1,3 juta tablet HMS di luar negeri) dan 2021 adalah 16,3 juta, 8% YoY (7,8 juta China, 8,5 juta tablet HMS di luar negeri).