Fri. Sep 30th, 2022

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Jokowi Minta Perwira TNI-Polri Siap Hadapi Ketidakpastian Global

2 min read

JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta para perwira TNI dan Polri agar siap dan menjadi yang terdepan menghadapi berbagai tantangan zaman, ketidakpastian dunia, serta krisis yang terus terjadi. Pandemi Covid-19 yang terjadi pun hingga kini masih belum usai, sementara dunia juga mengalami krisis pangan, energi, dan juga finansial.

“Karena itu, saya berharap kepada saudara-saudara untuk menjadi yang terdepan menghadapi tantangan zaman, menghadapi dunia yang penuh ketidakpastian, menghadapi krisis yang datang bertubi-tubi,” kata Jokowi saat melantik Perwira TNI dan Polri Tahun 2022, di halaman depan Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (14/7/2022).

Krisis yang tengah terjadi saat ini mengakibatkan ratusan juta rakyat dunia kelaparan dan jatuh ke jurang kemiskinan ekstrim. Sementara, sebagian belahan dunia juga dilanda perpecahan dan bahkan peperangan, serta sebagiannya lagi menghadapi instabilitas politik serta ancaman radikalisme dan terorisme.

Jokowi pun bersyukur, bangsa Indonesia merupakan bangsa yang kokoh yang memiliki Pancasila sebagai pemersatu bangsa. Selain itu, menurutnya, Indonesia juga mampu mengendalikan pandemi dan menjaga stabilitas ekonomi.

“Dan kita bahkan masih mampu menjalankan program-program baru,” kata dia.

Jokowi mengatakan, pada tahun ini Indonesia memimpin G20. Kepemimpinan Indonesia ini akan dimanfaatkan untuk membangun ketertiban dunia dan kesejahteraan bersama.

Hal ini, kata Jokowi, ditunjukkan dengan kunjungannya ke Ukraina dan Rusia yang tengah dilanda konflik. Jokowi menyebut, Indonesia akan terus berupaya berkontribusi dalam menciptakan perdamaian dunia.

“Kita sudah memulai dengan kunjungan saya ke Ukraina dan Rusia bulan lalu, upaya ini akan terus kita lakukan dengan harapan akan membuahkan hasil di KTT G20 November yang akan datang di Bali,” ujarnya.

Karena itu, Jokowi berharap para perwira TNI-Polri yang baru dilantik dapat melanjutkan misi untuk membawa Indonesia menjadi negara maju yang tumbuh secara inklusif, berkeadilan, dan berkelanjutan. “Saudara-saudara adalah masa depan TNI dan Polri, saudara harus cakap memahami masa depan, memahami strategi pertahanan masa depan, menghadapi tantangan masa depan, menguasai teknologi masa depan, pandai dan berketermpilan sesuai dengan kebutuhan masa depan,” ujar Jokowi.

Baca juga !