Wed. Sep 28th, 2022

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Kapal Perang AS Masuki Laut Hitam Saat Perbatasan Ukraina-Rusia Memanas

1 min read

Jakarta –

Sebuah kapal perusak Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) melintasi Bosphorus dan memasuki laut hitam pada Jumat waktu setempat. Kapal itu datang saat ketegangan di perbatasan Ukraina dan Rusia memanas.

Dilansir AFP, Sabtu (12/6/2021) kedatangan kapal perang AS itu dilaporkan saat Presiden AS, Joe Biden bertemu dengan para pimpinan Barat pada KTT G7 di Inggris.

Biden kemudian akan melakukan perjalanan ke Brussel untuk pertemuan NATO yang kemungkinan akan sangat fokus pada ancaman yang ditimbulkan oleh Rusia.

“Kami berdiri bersatu untuk mengatasi tantangan Rusia terhadap keamanan Eropa, dimulai dengan agresi di Ukraina,” tulis Biden di The Washington Post sebelum memulai perjalanan luar negeri pertamanya.

Biden adalah ujung tombak Washington di Ukraina ketika dia menjadi wakil presiden Barack Obama, mendukung upayanya untuk melepaskan diri dari pengaruh Kremlin setelah revolusi 2014 menggulingkan pemerintahan yang didukung Moskow.

Washington telah memberi tahu Turki bahwa mereka mungkin mengirim dua kapal perang melalui Bosphorus pada pertengahan April, ketika Rusia telah membangun kehadiran militernya di sepanjang perbatasan Ukraina dan di Krimea, yang dicaploknya pada 2014.AS secara berkala mengirimkan kapal perang ke wilayah Laut Hitam untuk menunjukkan dukungannya kepada Ukraina. Hal itu seringkali menuai protes dari Rusia.

Kapal-kapal itu tidak pernah dikirim, karena Rusia menarik kembali pasukannya dan ketegangan mereda.

Baca juga !