Fri. Jan 27th, 2023

Nagabola.net

Informasi Seputar Berita Sepak Bola Terlengkap dan Terupdate Setiap Hari

Kapolri Lepas Puluhan Ribu Peserta Mudik Gratis Polri 2022 di GBK

2 min read

Jakarta – Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo melepas puluhan ribu peserta mudik gratis di Gelora Bung Karno (GBK) pada Jumat, 29 April 2022. Hari ini merupakan pemberangkatan kloter terakhir program mudik gratis Polri, setelah kloter sebelumnya berangkat pada 26 dan 27 April lalu.

Saat melepas para pemudik, Kapolri didampingi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran. Sekitar 200 bus telah disiapkan Polri untuk kegiatan mudik ini.

Kapolri mengatakan kegiatan mudik gratis ini bertujuan meminimalisir angka kecelakaan pada arus mudik lebaran.

“Jumlah pemudik saat ini 11 ribu lebih. Prediksi arus mudik tahun ini memang dilihat ada peningkatan khususnya dibanding 2020 dan 2021,” kata Listyo Sigit saat mekepas mudik gratis pada Jumat siang.

Listyo mengatakan kondisi pandemi Covid-19 relatif bisa dikendalikan, dengan angka positivity rate 0,58 dan angka harian saat ini 300 sampai 600 per hari.

Dengan mudik gratis, Polri berupaya meminimalisir lonjakan kendaraan pemudik. Hasil survei Kemenhub menunjukkan akan terjadi lonjakan mudik tahu ini.

“Menhub sampaikan ada 83 juta atau 85 juta orang yang akan mudik, di mana 23 juta pemudik pakai kendaraan mobil dan 17 juta sepeda motor,” kata Listyo.

Menanggapi kepadatan di jalan tol pada arus mudik Lebaran 2022, Listyo mengatakan kepolisian telah menyarankan agar masyarakat mudik jauh hari, sebelum H-4 atau puncak arus mudik yang terjadi tadi malam.

“Terima kasih kepada masyarakat yang mudik lebih dahulu memang sudah ada pergerakan masyarakat dari H-10,” ungkapnya.

Menurut Listyo, pemudik yang ikut program mudik gratis ini telah mengurangi beban jalan. Mudik dengan kendaraan pribadi ini tentu mengakibatkan menambah beban di jalanan.

Peserta mudik gratis Polri ini berasal dari beragam latar belakang, mulai dari ibu rumah tangga, pedagang, ASN, driver Ojol, hingga mahasiswa.

“Saya pesan seluruh pengemudi agar betul-betul jaga keselamatan, jangan terlalu mengebut karena rombongan besar jadi pengawalan diatur baik agar kecepatan disesuaikan jadi saat one way dibuka jangan kecepatan ditambah,” kata Listyo.

Kapolri juga minta agar peserta mudik gratis itu tetap menerapkan protokol kesehatan selama di perjalanan sehingga selamat sampai di tujuan. “Hindari peningkatan laju covid-19 dengan memanfaatkan gerai-gerai vaksin yang ada dan segera ooster agar kita bisa sehat saat bertemu keluarga,” ujarnya.

Baca juga !