Sun. Sep 25th, 2022

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Kepada Biden Tunangan Khashoggi Tagih Janji Tanggung Jawab Saudi

2 min read

Jakarta – Hatice Cengiz, tunangan dari mendiang Jamal Kashoggi menagih janji Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengusut kematian jurnalis Arab Saudi itu.
Diketahui, Biden pernah bersumpah akan melakukan pendekatan yang lebih keras, dan menjatuhkan sanksi kepada Saudi meskipun tidak terhadap Mohammed bin Salman (MBS) sendiri.

Seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (2/10/2021), menandai peringatan tiga tahun kematian Khashoggi, Hatice Cengiz melakukan perjalanan ke Washington untuk demonstrasi di luar kedutaan Saudi dan mengikuti acara penyalaan lilin di dekat gedung Capitol.

Perempuan itu menyuarakan kekecewaan karena beberapa hari sebelum peringatan kematian Khashoggi, penasihat keamanan nasional Biden, Jake Sullivan, bertemu dengan Putra Mahkota Saudi, Mohammed bin Salman yang menurut intelijen AS memerintahkan pembunuhan itu.

“Apakah seperti ini pertanggungjawaban yang dijanjikan Biden?” tanyanya pada acara penyalaan lilin yang diselenggarakan oleh kelompok-kelompok hak asasi manusia.

“MBS mengambil Jamal dari saya dan seluruh dunia. Apakah Anda akan meminta pertanggungjawabannya atau akankah Anda memberi penghargaan kepada para pembunuh ini?” katanya, mengacu pada Putra Mahkota Saudi.
Laporan Kematian Kashoggi
Pada sekitar Februari 2021 lalu, Biden mengatakan sudah membaca laporan kematian Kashoggi. Laporan itu didapat dari Direktur Inteljen Nasional.

“Apakah Anda sudah membaca laporan Jamal Kashoggi dari DNI (Direktur Intelijen Nasional),” tanya salah satu wartawan, seperti dilansir Associated Press, Rabu (24/2).

“Ya, saya sudah. Terima kasih,” jawab Biden singkat.

Kemudian, pada Jumat (26/) AS mengeluarkan laporan intelijen yang menyebutkan MBS telah menyetujui pembunuhan Kashoggi di Konsulat Arab Saudi di Istanbul pada 2018. Namun, otoritas AS tidak menerapkan sanksi kepada MBS.

Hatice Cengiz pun menuntut Putra Mahkota Arab Saudi itu dihukum. Dia meminta keadilan atas kematian Kashoggi.

“Sangat penting bahwa Putra Mahkota, yang memerintahkan pembunuhan brutal terhadap orang yang tidak bersalah, harus dihukum tanpa penundaan,” kata tunangan Khashoggi, Hatice Cengiz, dalam sebuah pernyataan yang diposting di akun Twitter resminya, dilansir AFP, Senin (1/3).

“Ini tidak hanya akan membawa keadilan yang kami cari untuk Jamal, tapi juga bisa mencegah tindakan serupa terulang di masa depan,” lanjutnya.
Tentang Kashoggi
Khashoggi, seorang figur Saudi terkemuka yang tinggal di pengasingan di Amerika Serikat, menulis kritis tentang MBS di kolom di The Washington Post.

Pada 2 Oktober 2018, dia memasuki konsulat Saudi di Istanbul, Turki untuk mengurus dokumen untuk menikahi Cengiz, yang berkewarganegaraan Turki.

Wartawan Saudi Hilang Misterius, Tunangan: Dia Patriot Kesepian
Menurut pejabat AS dan Turki, regu pembunuh Saudi yang menunggu telah mencekiknya dan memotong-motong tubuhnya, yang tidak pernah ditemukan.

Hingga saat ini jenazah Kashoggi tidak pernah ditemukan. Dia terlihat masuk ke kantor Konsulat Saudi, namun tidak terlihat jejaknya keluar dari kantor tersebut.

Baca juga !