Tue. Oct 4th, 2022

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Moeldoko Ajak Masyarakat Terapkan Pesan Eling lan Waspodo, Apa Artinya?

2 min read

JAKARTA. Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko, mengajak masyarakat untuk menerapkan pesan ‘Eling lan Waspodo’ Presiden Joko Widodo dalam kehidupan sehari-hari.

Ia mengatakan, ‘Eling lan Waspodo’ merupakan falsafah leluhur yang mengajarkan manusia untuk selalu ingat dan hati-hati dalam menjalani hidup.

Menurutnya, pesan itu disampaikan Jokowi sangat kontekstual dengan kondisi saat ini. Terlebih, pada usia ke-77 tahun kemerdekaan, bangsa Indonesia menghadapi berbagai kompleksitas dinamika perubahan lingkungan strategis.

Seperti ancaman krisis pangan, lingkungan, hingga degradasi lingkungan hidup dan perubahan iklim.

“Hari ini tepat Indonesia berusia tujuh puluh tujuh tahun. Ini momentum yang sangat pas untuk kita selalu ingat dan waspada atas semua tantangan dan ancaman global. Mulai sekarang mari kita hemat penggunaan BBM, menanam apa yang bisa ditanam untuk kebutuhan pangan, dan tetap terapkan prokes agar kita segera endemi,” seru Moeldoko dalam keterangannya, Rabu (17/8).

Panglima TNI 2013-2015 ini menilai, bahwa dinamika perkembangan lingkungan strategis memang selalu membawa implikasi, baik positif maupun negatif, secara langsung maupun tidak langsung. Hal itu tentunya dapat mempengaruhi jalannya pembangunan nasional.

“Ini menjadi tantangan bagi kita semua yang harus dilalui untuk menjadi bangsa yang berdaulat, adil, dan makmur, serta menjadi bangsa yang kuat dan kokoh,” tegasnya.

“Caranya, tetap Eling lan Waspodo dalam mengambil setiap keputusan dan tindakan,” tandas Moeldoko.

Jokowi dalam Pidato Kenegaraan di depan MPR, DPR, dan DPD RI mengingatkan untuk selalu waspada, hati-hati, dan siaga. Sikap tersebut dibutuhkan dalam menghadapi krisis demi krisi dan geopolitik dunia.

“Kita harus selalu ‘Eling lan Waspodo’, harus ingat dan waspada,” pesan Presiden Jokowi sebelum mengakhiri Pidato Kenegaraan, di hadapan MPR, DPR, DPD RI, Selasa (16/8).

Baca juga !