Fri. Sep 30th, 2022

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

PAN Tak Setuju Revisi UU Pemilu, Ingin Syarat Jadi Caleg Tetap Minimal SMA

2 min read

 

PAN menyatakan harapannya agar tidak ada revisi Undang-Undang (UU) Pemilu. PAN menginginkan syarat pendidikan untuk menjadi capres, cawapres hingga caleg tetap minimal SMA/sederajat.

“Jadi begini kalau posisi PAN selalu pada posisi yang di awal bahwa kami berharap tidak ada perubahan UU pemilu, Jadi kalau kami sudah berpendapat tidak ada perubahan UU Pemilu maka semua yang berkenaan dengan aturan itu mengacu pada UU existing yang ada sekarang,” kata Ketua Fraksi PAN DPR, Saleh Partaonan Daulay, saat dihubungi, Jumat (29/1/2021).

“Jadi termasuk di antaranya persyaratan itu, kalau SMA boleh, maka SMA boleh,” sambungnya.

Saleh menekankan, yang harus dipikirkan sekarang adalah bagaimana memutus mata rantai penyebaran virus Corona di Tanah Air. Dia menilai revisi UU Pemilu bukan kepentingan masyarakat luas.

“Karena kita sekarang ada persoalan besar kita lainnya, yaitu bagaimana memutus mata rantai penyebaran virus COVID, kemudian kedua pemulihan ekonomi nasional, ini PR besar, dua hal ini menyangkut hajat hidup banyak rakyat Indonesia, nah sementara pembahasan RUU Pemilu ini kan lebih pada tataran penyelenggaraan dan ini berkaitan pada parpol, dan pemerintah tentunya, sementara kepentingan luas sangat sangat jauh,” ucapnya.

Namun Saleh meyakini ada harapan positif dengan menerapkan syarat menjadi caleg minimal lulusan perguruan tinggi. Namun, dia khawatir syarat itu justru mengurangi hak politik masyarakat.

“mungkin saja ada yang berpikir supaya nanti anggota anggota DPR kualitasnya lebih baik, bisa jadi, nah tetapi menurut saya sekarang ini kan jika dikurangi misalnya harus dinaikan menjadi sarjana saya khawatir justru malah hak-hak untuk rakyat Indonesia disamakan kedudukannya dan fungsinya dalam politik malah berkurang, Kan yang paling penting sebetulnya bahwa dia sudah lolos katakanlah pendidikan 12 tahun kewajibannya, jika ditambah 3 tahun lagi kan berarti sudah hebat lah,” ujarnya.

Syarat ini berbeda dengan Pasal 240 UU Pemilu yang masih berlaku. Minimal pendidikan calon presiden hingga anggota DPR adalah SMA atau sederajat.

Baca juga !