Tue. Jan 31st, 2023

Nagabola.net

Informasi Seputar Berita Sepak Bola Terlengkap dan Terupdate Setiap Hari

Pelecehan Seksual Bikin Gubernur New York Diminta Lepas Jabatan

2 min read

 

Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden meminta Gubernur New York, Andrew Cuomo untuk mengundurkan diri dari jabatannya. Permintaan Biden ini kasus dugaan pelecehan seksual terhadap belasan perempuan yang diduga dilakukan Cuomo.

“Saya pikir dia harus mengundurkan diri,” kata Biden kepada wartawan di Washington, dilansir AFP, Rabu (4/8/2021).

Posisi Cuomo semakin tidak dapat dipertahankan setelah Biden dan Ketua DPR Nancy Pelosi menyerukan gubernur tiga periode itu harus mundur pada Selasa (3/8) malam. Biden meminta anggota parlemen New York bergerak untuk segera memakzulkan Cuomo.

“Saya mengerti bahwa legislatif negara bagian dapat memutuskan untuk melakukan pemakzulan. Saya tidak tahu pasti. Saya belum membaca semua data itu.”

Senada, senator New York dari Partai Demokrat, Chuck Schumer dan Kirsten Gillibrand kembali menyerukan pengunduran diri Cuomo.

“Laporan hari ini dari jaksa agung Negara Bagian New York memperkuat dan menguatkan tuduhan para perempuan pemberani yang maju untuk berbagi kisah mereka, dan kami memuji para perempuan karena telah melakukannya,” kata mereka.

Penyelidikannya bersifat perdata, bukan pidana, sehingga tidak akan langsung mengarah pada tuntutan.

Namun, polisi dapat menggunakan laporan itu untuk mengambil tindakan lebih lanjut dan kemungkinan juga memainkan peran penting dalam penyelidikan pemakzulan terpisah yang dia hadapi – serta dalam penyelidikan kriminal di Albany, ibu kota negara bagian New York.

Dilansir dari Associated Press, penyelidikan terkait kasus pelecehan itu dilakukan selama 5 bulan. Penyelidikan yang dilakukan oleh dua pengacara tersebut telah mewawancarai 200 orang yang berkaitan dengan kasus pelecehan seksual itu.

Pelecehan seksual: Kesaksian para perempuan korban pelecehan Gubernur New York Andrew Cuomo, 'Saya merasa benar-benar dilecehkan'Foto: Pelecehan seksual: Kesaksian para perempuan korban pelecehan Gubernur New York Andrew Cuomo, ‘Saya merasa benar-benar dilecehkan’ (BBC World)

Temuan investigasi itu terangkum dalam laporan publik setebal 165 halaman. Sebelas perempuan merinci pelecehan seksual yang mereka alami dari Cuomo.

Laporan eksplosif merinci berisi tuduhan pelecehan seksual yang dilakukan oleh Cuomo terhadap 11 wanita ini diumumkan langsung oleh Jaksa Agung, Letitia James.

Kesaksian mereka menjadi babak terbaru dalam #MeToo, gerakan sosial yang mengekspos kekerasan seksual yang dialami para perempuan di dunia hiburan, politik,dan bisnis yang selama ini tertutup rapat.

Pengacara ketenagakerjaan AS, Anne Clark yang memimpin penyelidikan serta mantan Jaksa AS, Joon Kim mengaku telah menemukan 11 saksi kredibel. Tuduhan tersebut dikuatkan dengan pesan teks.

“Wawancara dan potongan bukti ini mengungkapkan gambaran yang sangat mengganggu namun jelas: Gubernur Cuomo melakukan pelecehan seksual saat ini,” kata Letitia James pada konferensi pers, Rabu (4/8).

Laporan investigasi itu menjadi bagian penting dari penyelidikan yang sedang berlangsung di Majelis AS terkait kemungkinan Cuomo untuk dimakzulkan.

“Penyelidikan independen menyimpulkan bahwa Gubernur Andrew Cuomo melecehkan banyak perempuan secara seksual, dan dengan melakukan itu, telah melanggar undang-undang federal dan negara bagian,” kata James.

James menyebut Cuomo terbukti memegang, mencium, hingga berkomentar ofensif terhadap 11 perempuan di kantornya.

Baca juga !