Sun. Oct 2nd, 2022

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Pemerintah Resmikan Pengurus Ikatan Wanita Pengusaha, Setengahnya Milenial

2 min read

Jakarta –

Pemerintah mengukuhkan 108 pengurus DPP Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Periode 2021-2026. Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Airlangga Hartarto mewakili Presiden Joko Widodo mengukukahkan pengurus IWAPI pada Kamis lalu secara daring.

Jalan untuk menjadi pengusaha juga banyak dimintati kalangan anak-anak muda. Ketua Umum IWAPI, Nita Yudi mengungkapkan. 50 persen pengurus IWAPI periode ini, separuhnya adalah milenial.

“Pengurus DPP IWAPI periode 2021 hingga 2026 ini dari 108 pengurus di seluruh Indonesia, saya pastikan 50 persennya adalah milenial. Ini menunjukan IWAPI mau bergegas untuk berlari menyeimbangi pesatnya kemajuan teknologi sebagai media membuka peluang pasar dan memajukan usaha puluhan ribu anggotanya,” ungkap Nita Yudi dalam keterangannya, Minggu (5/9/2021).

Dengan terbukanya teknologi, IWAPI di lima tahun ke depan akan terus memajukan usaha puluhan ribu anggotanya, yakni wanita-wanita tangguh yang menjadi tulang punggung pergerakan roda ekonomi nasional. Hal ini sebagai bagian dari langkah organisasi tersebut, untuk bergegas memulihkan perekonomian imbas dari Pandemi Covid-19.

“Dari total 30 ribu lebih anggotanya, 98 persennya adalah UMKM yang saat ini hampir semua terdampak dari pandemi. Maka itu, kami bergegas untuk menjadikan puluhan ribu anggota IWAPI sebagai pengusaha wanita yang inovatif, inklusif dan kolaboratif,” kata Nita Yudi.

Terlaksananya program tersebut dengan membangun jaringan kerjasama di berbagai pihak. Baik pemerintah, swasta, masyarakat, media, bahkan kerjasama dgn pihak pemerintah dan swasta dari luar negeri.Nita pun mengaku IWAPI akan fokus pada tiga hal. Yakni, peningkatan SDM, memperluas jaringan pemasaran atau marketing, serta memudahkan akses ke lembaga keuangan atau finansial.

“Peran IWAPI sebagai Organisasi Perempuan pengusaha terbesar di Indonesia dan di Asia Tenggara sangat dibutuhkan dan cukup signifikan dalam pemulihan ekonomi nasional dimasa pandemi ini. Dan Alhamdulillah IWAPI sebagai AWEN Indonesia, ditunjuk sebagai Chair Country AWEN, sesuai misi organisasi menjadikan perempuan Indonesia mandiri secara ekonomi,” ujarnya.

Menko Airlangga Hartarto memberikan pandangan terhadap para pengusaha wanita ini. Baca di halaman berikutnya >>

Sementara itu Menko Airlangga Hartanto yakin pengusaha wanita juga bisa berkontribusi besar terhadap perekonomian Indonesia. Saat ini, tren wanita menjadi pengusaha terus menerus naik.

“Data dari Kementerian Koperasi dan UKM, jumlah wanita entrepreneurs terus meningkat dan berdasarkan global entrepreneurship monitor, womenpreneur Indonesia mencapai sekitar 14 persen dari total penduduk, dan ini merupakan apresiasi kepada IWAPI yang terus mendorong agar pengusaha wanita kita untuk terus maju di depan dan terus terdepan di berbagai sektor,” tutur Airlangga.

Sejalan dengan survey yang dilakukan dengan Bank Indonesia, 60 persen UMKM dijalankan oleh wanita atau sekitar 37 juta perempuan. Ini adalah data yang cukup besar dan menunjukkan bahwa entrepreneurship di tangan Ibu-ibu atau kaum wanita mempunyai resilience atau daya tahan terutama di situasi pandemi covid-19.

“Saya melihat bahwa sektor ini terus bertumbuh dan dari segi kredit pun bertumbuh. Saya yakin dengan penguatan sinergi dan koordinasi antara pemerintah dan para stakeholder, termasuk wanita pengusaha yang tangguh dapat mendorong agar resiliensi ekonomi dapat tidak hanya oleh para wanita tapi juga para seluruh stakeholder pengusaha di Indonesia,” ungkapnya.

Baca juga !

2 min read