Mon. May 16th, 2022

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Permintaan Ponsel 5G di 2021 Diprediksi Lebih dari 500 Juta Unit

1 min read

 Permintaan ponsel 5G dianggap makin tinggi hingga akhir tahun 2021. Diperkirakan produksi ponsel 5G bakal tembus lebih dari 500 juta unit.

Dilaporkan Bloomberg, Rabu (5/1/2021), produsen kapasitor keramik terbesar untuk smartphone, Murata Manufacturing memperkirakan permintaan perangkat makin tinggi di tahun 2021.

Presiden Murata, Norio Nakajima bahkan mengakui para pekerjanya tidak mengambil cuti liburan karena mereka bekerja demi memenuhi pesanan yang meningkat.

Permintaan tinggi ini diperkirakan muncul dari produsen besar smartphone seperti Apple, Samsung Electronics, hingga pesaing dari China seperti Xiaomi, Oppo, dan Vivo.

Mereka berlomba-lomba untuk mengamankan komponen kapasitor dari Murata untuk perangkat selanjutnya. Norio mengaku, para produsen smartphone ini juga berharap dapat mengisi kekosongan yang ditinggalkan Huawei karena sanksi dari Amerika Serikat.

“Para pembuat smartphone ini bersaing untuk mendapatkan kapasitas pasokan kami setelah ditinggalkan oleh Huawei. Saya tidak yakin berapa banyak yang kapasitor yang mendukung perkiraan produksi ponsel mereka,” kata Nakajima.

Murata sendiri merupakan pemimpin global dalam penyedia kapasitor keramik multilayer. Barang tersebut digunakan untuk mengatur aliran listrik di papan sirkuit pada perangkat elektronik, mulai dari smartphone hingga mobil.

“Industri ini sudah memproduksi untuk 300 juta unit smartphone 5G selama tahun fiskal ini. Saya memperkirakan akan meningkat menjadi setidaknya 500 juta di tahun fiskal berikutnya,” papar Nakajima.

Analis menilai sikap Nakajima terlalu konservatif. Hideki Yasuda selaku peneliti di Ace Research Institute tidak mengharapkan permintaan dari Apple atau produsen smartphone lainnya turun di tahun ini.