Wed. Oct 5th, 2022

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

PM Justin Trudeau soal Penikaman Massal di Kanada: Mengerikan dan Memilukan

2 min read

Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, mengungkapkan belasungkawa atas penikaman massal yang menimpa komunitas penduduk asli di Provinsi Saskatchewan pada Minggu (4/9).

Trudeau menggambarkan peristiwa tersebut sebagai kekerasan tragis. Dia kemudian mengungkap rasa duka bagi orang yang terdampak. Trudeau turut mengharapkan pemulihan bagi para korban terluka.

“Serangan di Saskatchewan hari ini mengerikan dan memilukan. Saya memikirkan mereka yang kehilangan orang yang dicintai dan mereka yang terluka,” cuit Trudeau di Twitter.

Trudeau mengaku tengah memantau perkembangan situasi. Serangan tersebut terjadi di sebuah komunitas penduduk asli, yakni James Smith Cree Nation.

Pemerintah Kanada lantas menjalin komunikasi erat dengan kepemimpinan kelompok itu. Trudeau menekankan, pelaku akan mendapatkan hukuman yang setimpal.

Damien Sanderson dan Myles Sanderson, yang ditetapkan oleh Royal Canadian Mounted Police (RCMP) sebagai tersangka penusukan di provinsi Saskatchewan Kanada, digambarkan dalam gambar selebaran tidak bertanggal yang dirilis oleh RCMP (4/9/2022). Foto: RCMP/Handout via REUTERS

Aksi penikaman tersebut menewaskan sedikitnya 10 orang dan mencederai 15 lainnya di 13 lokasi terpisah. Para korban terluka telah dilarikan ke rumah sakit.

Kepolisian juga meluncurkan perburuan terhadap dua tersangka. Terduga penyerang telah melarikan diri dengan kendaraan mereka. Para tersangka itu adalah Myles (30) dan Damien Sanderson (31).

“Kami aktif mencari dua tersangka,” lapor Asisten Komisaris Angkatan Kepolisian Kerajaan Kanada, Rhonda Blackmore, dikutip dari¬†AFP, Senin (5/9).

Blackmore menerangkan, pelaku menyerang sebagian korban secara acak. Namun, sejumlah korban lainnya ditargetkan oleh para pelaku. Kendati demikian, pihak berwenang belum bisa menentukan motif serangan.

Tim forensik kepolisian menyelidiki TKP setelah beberapa orang tewas dan terluka dalam penusukan di Weldon, Saskatchewan, Kanada (4/9/2022). Foto: David Stobbe/Reuters

James Smith Cree Nation lantas menyatakan keadaan darurat lokal setelah insiden tersebut. Komunitas masyarakat adat itu memiliki populasi 2.500 orang.

Otoritas turut mendirikan pos pemeriksaan di jalanan di seluruh wilayah tersebut. Pihaknya mengerahkan sumber daya maksimum untuk mencari para tersangka.

Pencarian bahkan diperluas hingga mencakup provinsi tetangga Manitoba dan Alberta. Luas dari wilayah tersebut hampir mencapai setengah dari ukuran Eropa.

Petugas Kesehatan mengaktifkan protocol darurat untuk menangani pasien kritis, sedangkan tiga helikopter dikirim untuk mengangkut para pasien maupun dokter.

“Kepada James Smith Cree Nation dan orang-orang Saskatchewan: Anda berada dalam pikiran kami. Kami di sini untuk mendukung Anda selama masa sulit ini,” tulis pernyataan Trudeau, dikutip dari laman resmi pemerintah Kanada.

Baca juga !