Mon. Oct 3rd, 2022

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Proses Italia Juara Euro 2020 Mirip dengan Piala Dunia 2006

2 min read

Jakarta –

Ada kesamaan terkait keberhasilan Italia juara Euro 2020 dengan saat menjadi kampiun Piala Dunia 2006. Berikut ini penjelasannya!

Italia berhadapan dengan Inggris di final Euro 2020. Duel ini berlangsung di Wembley, London, Senin (12/7/2021) dini hari WIB.

Inggris unggul duluan lewat gol cepat Luke Shaw, yang bertahan hingga turun minum. Gli Azzurri baru bisa membalas lewat gol Leonardo Bonucci dengan memanfaatkan kemelut dari sepak pojok di menit ke-67.

Skor 1-1 bertahan hingga waktu normal tuntas dan tak ada gol tambahan sampai extra time 2×15 menit. Pemenang akhirnya harus dicari lewat adu penalti.

Italia keluar sebagai pemenang dengan skor 3-2. Dari Italia ada eksekusi Domenico Berardi, Bonucci, dan Federico Bernardeschi yang berbuah gol. Andrea Belotti dan Jorginho menjadi penendang yang gagal.

Dari kubu Inggris cuma Harry Kane dan Harry Maguire yang menjalankan tugas dengan baik. Marcus Rashford, Jadon Sancho, dan Bukayo Saka gagal menaklukkan Gianluigi Donnarumma.

Ini adalah gelar pertama Italia di kancah internasional setelah terakhir kali menjadi juara Piala Dunia 2006. Uniknya, ada kesamaan terkait dua gelar itu.

Saat Italia menjadi juara Piala Dunia 2006 dengan mengalahkan Prancis, sepakbola di negara tersebut sedang kacau karena kasus calciopoli. Juventus menjadi klub yang dinyatakan bertanggung jawab hingga dijebloskan ke Serie B.

 

LONDON, ENGLAND - JULY 11: Leonardo Bonucci of Italy celebrates after scoring their side's first goal during the UEFA Euro 2020 Championship Final between Italy and England at Wembley Stadium on July 11, 2021 in London, England. (Photo by Paul Ellis - Pool/Getty Images)Leonardo Bonucci berhasil merobek gawang Inggris. Foto: Getty Images/Paul Ellis – Pool

AC Milan, Fiorentina, Lazio, dan Reggina juga ikut terseret dalam skandal ini dan cuma mendapatkan hukuman poin. Ada pula Luciano Moggi, yang kala itu menjabat sebagai direktur Juventus, dihukum seumur hidup dari dunia sepakbola.

Nah, untuk Euro kali ini Italia juga datang dengan memikul luka akibat gagal tampil di Piala Dunia 2018. Ada pula duka yang mendalam karena menjadi salah satu negara dengan angka kematian tertinggi akibat COVID-19.

Kesamaan lainnya terjadi dalam hal pencetak gol. Italia saat di Piala Dunia 2006 kebobolan gol cepat lewat eksekusi penalti Zinedine Zidane di menit ketujuh. Pada ajang Euro 2020, Italia dibobol Shaw pada menit kedua.

Italia kemudian bisa membalas gol Prancis lewat Marco Materazzi dari sepak pojok. Di Euro 2020, Azzurri juga mencetak gol balasan lewat Bonucci berkat korner dan kebetulan sama-sama seorang bek.

Kemudian, kepastian Italia menjadi juara Piala Dunia 2006 didapat lewat adu penalti, sama seperti Euro 2020.