Fri. Oct 7th, 2022

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Resep Nasi Bakar Mercon Isi Teri dan Ayam, Rasanya Mantap Bikin Ngiler

2 min read

 Nasi bakar mercon menjadi salah satu menu makanan yang harus dicoba, terlebih bagi Anda pecinta makanan pedas. Makanan satu ini tidak boleh terlewatkan. Resep nasi bakar mercon juga cukup mudah sehingga Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Ingin tahu resep nasi bakar mercon?

Umumnya, Anda dapat menemukan nasi bakar mercon pada pedagang angkringan. Sayangnya, tidak semua pedagang angkringan menyediakan menu ini.

Walau begitu, tenang saja. Berikut kami rangkumkan resep dan cara membuat nasi bakar mercon teri dan ayam dengan mudah. Mari simak!

Resep Nasi Bakar Mercon

Nasi bakar mercon. (Suara.com/Dinda Rachmawati)

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah beberapa bahan dasar yang perlu disiapkan:

  • Ayam suwir
  • 100 gram teri
  • 10 siung bawang merah
  • 10 siung bawang putih
  • 2 buah tomat
  • 1 genggam daun bawang
  • Cabe rawit
  • Daun kemangi
  • Kaldu bubuk
  • Daun bawang dan seledri secukupnya

Cara Memasak Nasi Bakar Mercon

Setelah semua bahan dasar terkumpul kini saatnya untuk memasak nasi bakar mercon. Berikut adalah cara membuat nasi bakar mercon yang dapat Anda ikuti:

  1. Langkah pertama adalah menghaluskan cabe rawit. Untuk mempermudah proses ini anda dapat menggunakan alat bantu chopper.
  2. Selanjutnya, panaskan minyak goreng dengan api sedang. Saat minyak sudah panas, tumis bawang merah dan bawang putih sampai wangi.
  3. Campurkan cabai yang sudah anda haluskan sebelumnya. Aduk sampai seluruh bahan tercampur merata
  4. Tambahkan daging ayam yang sudah disuwir. Jangan lupa untuk diaduk sampai merata
  5. Tambahkan air secukupnya, pastikan seluruh bagian tumisan terendam oleh air
  6. Masukkan daun bawang dan seledri
  7. Kemudian, campurkan dengan tomat yang sudah diiris-iris, barengi dengan menambahkan 1 sachet kaldu bubuk untuk menyedapkan rasa
  8. Aduk sampai merata sampai airnya meresap
  9. Angkat dan pindahkan ke dalam mangkuk.

Anda dapat melakukan langkah yang sama untuk memasak teri mercon. Dengan begitu, nantinya nasi bakar mercon yang Anda buat jadi lebih kaya akan rasa. Hal yang perlu Anda lakukan hanyalah mengganti ayam suwir menggunakan ikan teri.

Setelah tumisan di atas selesai Anda masak, kini saatnya mencampurkan isian tersebut dengan nasi. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pindahkan nasi secukupnya yang sudah matang ke atas daun pisang
  2. Campurkan ayam mercon dan teri mercon sebanyak 1 sendok
  3. Lanjutkan dengan menambahkan daun kemangi secukupnya
  4. Gulung nasi yang sudah diisi dengan bahan-bahan di atas
  5. Langkah selanjutnya adalah memanggang nasi agar rasa pada nasi lebih kuat. Pastikan apinya berukuran sedang dan panggang dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama, cukup sampai daun pisang terlihat kering.
  6. Nasi bakar mercon siap disajikan.

Bagaimana? Cukup mudah, kan, cara membuat nasi bakar mercon ayam dan teri? Selamat mencoba resep nasi bakar mercon di atas!

Baca juga !