Sat. Oct 8th, 2022

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Rusia Hancurkan Sistem Roket Canggih HIMARS Kiriman AS ke Ukraina

1 min read

 Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pada Rabu 6 Juli 2022 bahwa angkatan bersenjatanya telah menghancurkan dua sistem roket canggih HIMARS dan gudang amunisi mereka di Ukraina timur. Namun pernyataan tersebut kemudian ditolak oleh Kiev.

Moskow mengatakan telah menghancurkan dua peluncur untuk Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi (HIMARS) yang dipasok Amerika Serikat (AS) dan sekutunya ke Kiev.

Dikatakan juga pasukan Rusia menghancurkan dua depot amunisi yang menyimpan roket untuk Himars dekat garis depan di sebuah desa selatan Kramatorsk di wilayah Donetsk Ukraina, yang menjadi fokus utama bagi pasukan Rusia setelah memenangkan wilayah Luhansk pada Minggu, 3 Juli 2022.

Melansir dari The Straits Times, Kamis 7 Juli 2022, kementerian Rusia merilis rekaman video yang menunjukkan serangan itu. Tetapi staf umum Ukraina menolak klaim Rusia pada hari Rabu.

Dalam sebuah unggahan di Twitter, dikatakan bahwa klaim itu palsu dan bahwa Ukraina menggunakan Himars yang dipasok AS untuk menimbulkan pukulan yang menghancurkan pasukan Rusia.

Ukraina hanya menerima empat sistem Himars pada awal Juli, Dewan Eropa untuk Hubungan Luar Negeri mengatakan dalam sebuah laporan.

AS telah berjanji untuk mengirimkan delapan Himars pada pertengahan Juli 2022.

Pasokan senjata Barat diketahui sangat penting bagi upaya Ukraina untuk memukul mundur puluhan ribu tentara Rusia yang dikirim Moskow ke Kiev pada 24 Februari 2022.

Baca juga !