Mon. Oct 3rd, 2022

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Tak Ada Skenario yang Lebih Baik buat Inggris Juara Euro 2020

3 min read

Jakarta –

Kemenangan atas Jerman mengangkat antusiasme Inggris di Euro 2020. Penyerang legendaris Inggris Alan Shearer menyebut situasinya sangat mendukung untuk juara.

Inggris menang 2-0 atas Jerman di Wembley, Selasa (29/6/2021) malam WIB pada babak 16 besar Euro 2020. Gol Raheem Sterling dan Harry Kane menjawab keraguan terhadap tim ‘Tiga Singa’, yang sebelumnya susah payah untuk meraih kemenangan di fase grup.

Melewati adangan Jerman juga membuka lebar-lebar jalan Inggris untuk mencapai laga puncak. Bisa dibilang, tim besutan Gareth Southgate itu berada di bracket yang lebih mudah.

Inggris akan menghadapi Ukraina di perempatfinal dan jika lolos, akan bertemu pemenang antara Republik Ceko vs Denmark. Sebagai catatan, bracket lainnya berisi Belgia vs Italia dan Swiss vs Spanyol.

Selain itu, Inggris juga akan kembali bermain di Wembley kalau bisa menjejak semifinal dan final. Harry Kane dkk sudah selalu bermain di markas sendiri sejak fase grup hingga 16 besar lalu, dan baru akan keluar kandang kala melawan Ukraina di Olimpico, Roma, Minggu (4/7/2021) dini hari WIB.

Bermain di hadapan pendukung sendiri akan jadi keuntungan besar.

“Akan ada lebih dari 60 ribu fans di sana untuk semifinal kalau kami bisa melewati Ukraina pada perempatfinal di Roma pada hari Sabtu nanti, dan bermain di hadapan suporter menakjubkan itu lagi adalah insentif yang sangat besar untuk melaju,” tulis Alan Shearer di BBC.

“Kalau kami cukup beruntung bisa mencapai final, itu akan jadi laga keenam kami di Wembley di Euro 2020. Saya rasa kami tidak bisa mengharapkan skenario yang lebih baik lagi daripada ini. Tapi lebih dari sekadar keuntungan kandang yang membuat saya percaya diri dengan kans Inggris memenangi turnamen ini sekarang.”

“Tim kami tampak layak juga, tapi saya tidak terlalu terusik dengan siapa lawa kami berikutnya, atau memikirkan soal empat besar antara Denmark atau Republik Ceko,” imbuh mantan pemain Blackburn Rovers dan Newcastle United tersebut.

Jose Mourinho menilai Inggris tampil baik untuk menyingkirkan Jerman. Ada kombinasi dari banyak hal positif di laga tersebut.

Inggris mendepak Jerman lewat kemenangan 2-0 di Wembley, Selasa (29/6/2021) malam WIB pada babak 16 besar Euro 2020. Ini adalah kemenangan pertama Inggris atas Jerman di fase gugur turnamen besar, sejak pertemuan di Piala Dunia 1966.

Pertandingan berjalan ketat dengan kedua tim sama-sama punya peluang-peluang bagus. Tapi Inggris tampil lebih efisien dan efektif, sehingga berhasil mencetak gol lewat Raheem Sterling dan Harry Kane.

Mantan manajer Chelsea dan Manchester United Jose Mourinho menilai Inggris bermain relatif solid dan berhasil meredam Jerman dari menciptakan situasi-situasi berbahaya. Di sisi lain, mereka juga bisa memaksimalkan kesempatan yang hadir, salah satunya yang dipicu kesalahan Jerman.

Sebaliknya, Jerman justru membuang kesempatan. Die Mannschaaft punya kans untuk langsung menyamakan skor lewat Thomas Mueller saat kedudukan 1-1. Tapi tendangannya dalam situasi 1 vs 1 lawan kiper malah melenceng.

“Mereka juga punya sedikit keberuntungan yang diperlukan. Saya ikut merasa sangat senang untuk Southgate, para pemain, dan para suporter Inggris, karena ini momen yang besar.””Sebuah laga besar, duel-duelnya terlihat di lapangan. Kedua tim saling menghormati satu sama lain, tapi Inggris, menurut saya, sangat-sangat solid dan di momen yang tepat, mereka muncul,” ungkap Jose Mourinho, yang kini melatih AS Roma.

“Saya berpikir mungkin sepakbola sedang kembali ke rumahnya, tapi itu belum benar-benar terwujud. Kita harus berimbang, perjalanan masih panjang,” imbuh pria Portugal tersebut kepada talkSPORT dikutip Metro