Thu. Oct 6th, 2022

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Tera Data Indonusa (AXIO) Resmi IPO, Sahamnya Mentok ARA

2 min read

JAKARTA. PT Tera Data Indonusa Tbk resmi melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada perdagangan Rabu (20/7/). Perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan besar komputer dan perlengkapan komputer ini memakai kode saham AXIO.

Pada perdagangan saham perdananya, saham AXIO melejit 35% ke level Rp 189. AXIO terkena auto rejection atas alias ARA.

Dalam perhelatan penawaran umum perdana saham atau intitial public offering (IPO), AXIO melepas sejumlah 1,04 miliar saham kepada publik. Besaran saham yang ditawarkan setara dengan 17,81% dari modal ditempatkan dan disetor penuh.

Harga IPO yang ditawarkan oleh produsen laptop merek Axioo ini sebesar Rp140 per saham. Dus, dalam hajatan IPO ini, AXIO meraup dana segar sejumlah Rp 145,617 miliar.

“Investor sangat antusias menyambut saham AXIO. Hal itu terlihat dari tingginya minat selama masa penawaran, sehingga mengalami kelebihan permintaan atau oversubscribed sebanyak 78 kali,” kata Direktur Utama AXIO, Michael Sugiarto, Rabu (20/7).

Dana hasil IPO saham tersebut  akan digunakan untuk sejumlah keperluan. Sekitar 90% akan digunakan untuk modal kerja (working capital) guna menunjang peningkatan penjualan berupa keperluan pembelian bahan baku komponen dan suku cadang produk Perseroan yang meliputi LCD, motherboard, SSD, RAM, dan lainnya.

Selain itu, akan digunakan untuk pembiayaan piutang usaha, peningkatan kualitas human capital development melalui pengembangan melalui pelatihan internal maupun eksternal serta pengembangan kanal distribusi melalui tenaga pemasaran dan perluasan cakupan service centre pada area pemasaran.

Sisanya yakni 10% akan digunakan untuk belanja modal (capital expenditure) antara lain untuk perluasan area gudang dan produksi yang berlokasi di pabrik  saat ini dan pembelian peralatan pendukung produksi. Alat yang dibeli berupa conveyor line, forklift, racking management, serta mesin berupa surface mounting technology (SMT) untuk keperluan produksi motherboard dan alat pendukung pengembangan berupa alat tes hasil produksi (quality control kit).

Pembelian ini untuk memenuhi kenaikan volume permintaan dan penjualan tahun 2022 dan ke depannya serta dapat meningkatkan efisiensi dan mengoptimalkan proses produksi AXIO.

Baca juga !

2 min read