Fri. Jan 27th, 2023

Nagabola.net

Informasi Seputar Berita Sepak Bola Terlengkap dan Terupdate Setiap Hari

Terkini Bisnis: Nama Ibu Pengaman Rekening Bank, Jokowi Kritik Porsi Kredit UMKM

3 min read

Jakarta – Berita terkini ekonomi dan bisnis hingga Sabtu siang, 11 Desember 2021 dimulai dari alasan penggunaan nama ibu kandung sebagai pengaman rekening bank.

Berikutnya ada berita tentang kritik Presiden Jokowi soal minimnya porsi kredit UMKM di bank dan investasi pabrik es krim senilai Rp 1,9 triliun. Lalu ada berita tentang bos KCIC soal standar kereta api Cina dan Erick Thohir tunjuk Zulkifli Zaini jadi komisaris utama PTPN III.

Kelima berita itu terpantau yang terbanyak diakses oleh pembaca kanal Ekonomi dan Bisnis Tempo.co. Berikut ringkasan dari lima berita trending tersebut.

1. Alasan Penggunaan Nama Ibu Kandung Sebagai Lapisan Keamanan Rekening Bank

Ketika Anda ingin membuka rekening di bank, pasti ada satu pertanyaan yang akan selalu ditanyakan, yaitu “siapa nama ibu kandung Anda?”. Hal ini bukanlah tanpa alasan, tetapi digunakan sebagai salah satu langkah untuk mengamankan rekening Anda.

Selain pada akun bank, pertanyaan ini juga seringkali dijumpai, ketika Anda akan melakukan suatu hal yang berkaitan dengan data dan privasi Anda. Lalu, mengapa pertanyaan tentang ibu kandung tersebut menjadi penting, khususnya dalam urusan dengan bank?

Sebelumnya, penggunaan nama ibu kandung sebagai langkah untuk mengamnakn suatu hal adalah hal yang sudah dilakukan sejak dahulu. Bahkan, diperkirakan pertanyaan ini digunakan sejak 1882.

2. Jokowi: Saya Sedih Porsi Pinjaman Bank Kita, UMKM Hanya Diberi 20 Persen

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengharapkan porsi pinjaman perbankan ke Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dapat terus ditingkatkan, untuk membantu pengembangan bisnis UMKM.

“Saya juga sedih melihat porsi pinjaman bank kita juga, usaha UMKM hanya diberi 20 persen, sisanya yang (usaha skala) menengah, yang besar,” kata Presiden Jokowi pada Kongres Ekonomi Umat ke-2 Majelis Ulama Indonesia Tahun 2021 sebagaimana disaksikan di Youtube Official TV MUI di Jakarta, Jumat 10 Desember 2021.

Presiden mendorong agar industri perbankan meningkatkan porsi pembiayaannya ke sektor UMKM. Meski demikian, Presiden memahami tidak semua bank bisa meningkatkan porsi pinjaman ke UMKM secara drastis, karena masing-masing perbankan memiliki penilaian risiko, dan standar kehati-hatian yang harus dijaga.

3. Resmikan Pabrik Es Krim Investasi Rp 1,9 T, Menperin: Ekspansi Ini Dibutuhkan

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengapresiasi investor es krim terbesar PT Yili Indonesia Dairy yang telah berinvestasi mencapai Rp 1,9 triliun dari rencana totalnya sebesar Rp 2,5 triliun. Perusahaan ini membangun pabrik es krim terbesar di Indonesia.

“Kami memandang kehadiran PT Yili Indonesia Dairy dalam memproduksi es krim Joyday adalah suatu strategi bisnis yang tepat untuk memenuhi peningkatan kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap produk susu olahan, khususnya es krim yang berkualitas,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita pada Peresmian Pabrik Es Krim PT Yili Indonesia Dairy di Bekasi, Jumat, 10 Desember 2021.

PT Yili Indonesia Dairy merupakan anak usaha dari Yili Group asal Tiongkok. Yili Group selaku perusahaan pengolahan susu terbesar di Asia dan lima besar di dunia.

4. Pilar Kereta Cepat Harus Dibangun Ulang, Bos KCIC Cerita Standar Kereta Api Cina

Presiden Direktur PT Kereta Cepat Indonesia China Dwiyana Slamet Riyadi menjelaskan sebab enam pilar proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung di wilayah DK46, Teluk Jambe, Kabupaten Karawang perlu diperbaiki posisinya. Ia mengatakan allignment atau jalur dari pilar penyangga rel kereta cepat Jakarta-Bandung itu bergeser dari titik yang ditentukan.

“Allignment pier hanya boleh bergeser plus minus 20 milimeter atau 2 sentimeter, sesuai Standar Perkeretaapian China (TB 10601-2009),” ujar Dwiyana kepada Tempo, Jumat dinihari, 10 Desember 2021.

Dwiyana mengatakan standar kereta api cepat sangat rigid. Standar itu perlu dicapai untuk menjamin aspek keselamatan dan umur konstruksi prasarana sepur kilat hingga seratus tahun.

5. Erick Thohir Pilih Eks Bos PLN Zulkifli Zaini Menjadi Komut PTPN III

Menteri BUMN Erick Thohir menunjuk Zulkifli Zaini sebagai Komisaris Utama merangkap Komisaris Independen Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero).

Zulkifli Zaini sebagai pejabat yang baru mengatakan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan Pemegang Saham kepadanya.

“Semoga saya dapat mengemban amanah ini dan dapat memberikan kontribusi yang terbaik bagi para pemangku kepentingan dan juga bangsa dan negara Indonesia, saya juga mohon dukungan dari semua pihak dalam menjalankan tugas saya di PTPN III (Persero) ini,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat 10 Desember 2021.

Baca juga !