Sun. Oct 2nd, 2022

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Terlihat Mirip, Roti Focaccia dan Ciabatta Tenyata Sangat Berbeda

2 min read

Jakarta –

Italia punya banyak jenis roti. Seperti focaccia dan ciabatta yang populer. Sering dianggap sama, ternyata kedua jenis roti ini sangat berbeda.

Sebagian besar daratan Eropa dikenal dengan produksi rotinya. Beragam jenis roti banyak diproduksi dengan keunikannya. Bahkan menjadi komoditas serta makanan utama masyarakat di sana.

Salah satunya di Italia. Italia memiliki memiliki beragam roti yang bahkan terkenal hingga ke mancanegara dan banyak digemari di seluruh dunia.

Mulai dari pizza, focaccia, ciabatta, friselle, cornetto, panini, rosetta, taralli dan banyak lagi ragam jenis rotinya. Focaccia dan ciabatta sekilas memiliki bentuk yang serupa dan banyak orang yang sering keliru mengenalinya.

 

 

Terlihat Mirip, Roti Focaccia dan Ciabatta Tenyata Sangat BerbedaTerlihat Mirip, Roti Focaccia dan Ciabatta Tenyata Sangat Berbeda Foto: Getty Images/iStockphoto

 

Mengutip dari Mashed (17/3), roti jenis focaccia dan ciabatta ternyata memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Keduanya bahkan pertama kali ditemukan pada rentang waktu yang sangat jauh.

Focaccia dan ciabatta ini bisa dibedakan melalui 3 ciri utama yang dimiliki oleh keduanya. Yaitu tekstur, penampilan dan cara penyajian untuk mengonsumsinya.

Ciabatta memiliki konsistensi yang tebal dan tekstur yang lebih kenyal. Sedangkan, focaccia lebih menyerupai adonan pizza yang lebih tipis.

Penampilan antara keduanya pun cukup berbeda. Ciabatta biasanya akan dipanggang dalam bentuk roti utuh. Sedangkan focaccia biasa dihidangkan dalam bentuk pipih seperti roti pada pizza.

Terlihat Mirip, Roti Focaccia dan Ciabatta Tenyata Sangat BerbedaTerlihat Mirip, Roti Focaccia dan Ciabatta Tenyata Sangat Berbeda Foto: Getty Images/iStockphoto

Cara menghidangkan dan fungsi mereka dalam makanan pun memiliki perbedaan. Walaupun keduanya tetap memiliki rasanya dan akan menjadi pasangan yang lezat untuk hidangan.

Focaccia biasanya digunakan dalam sejumlah makanan yang membutuhkan pelengkap roti pipih seperti pizza. Charcuterie menjadi pasangan untuk focaccia yang paling sering disajikan bersamaan.

Di sisi lain, Ciabatta lebih sering disajikan untuk dibuat menjadi sandwich atau roti lapis. Keduanya seringkali disajikan pada meja makan saat acara sosialisasi baik dengan keluarga maupun bersama teman. Maka, pastikan kamu sudah tidak salah lagi untuk mengenali keduanya.

 

Baca juga !