Tue. Nov 29th, 2022

Nagabola.net

Informasi Seputar Berita Sepak Bola Terlengkap dan Terupdate Setiap Hari

Wajib Cicip! Ini 7 Masakan Babi yang Paling Populer di Filipina

4 min read

Jakarta – Babi adalah jenis daging populer yang dikonsumsi warga Filipina. Ada 7 masakan babi terkenal di sana yang dimakan hampir di seluruh penjuru negeri. Berikut daftarnya.
Olahan babi mudah ditemui di negara-negara yang mayoritas penduduknya nonIslam, termasuk Filipina. Negara tetangga Indonesia ini bisa dibilang ‘surganya’ olahan babi sebab ada banyak masakan babi yang terkenal di sini.

Bagian yang diolah ada daging, kaki, sampai jeroan babi. Bumbu dan cara untuk mengolahnya juga sangat beragam. Biasanya memakai cuka dan melibatkan proses merebus dan memanggang.

Salah satu yang terkenal adalah sisig. Olahan babi ini memakai daging dan jeroan babi sebagai bahan utamanya. Sisig dibumbui dengan cuka, bawang bombai, dan cabe.

Lalu apa olahan babi lainnya dari Filipina? Mengutip Taste Atlas, inilah 7 masakan babi tradisional Filipina:

7. Inihaw na liempo
Wajib Cicip! Ini 7 Masakan Babi yang Paling Populer di Filipina Foto: Shutterstock via Taste Atlas
Makanan tradisional Filipina ini menggunakan perut babi (pork belly) sebagai bahan utamanya. Ada banyak variasi inihaw na liempo, namun yang terkenal adalah yang dibumbui soy sauce, perasan lemon, garam, merica, dan bawang putih. Pork belly kemudian dipanggang dan dibaluri lagi dengan bumbu marinasi yang tersisa dan minyak.

Untuk penyajiannya, inihaw na liempo dinikmati bersama nasi putih, cuka rempah, saus celupan toyomansi (soy sauce, cuka, dan potongan bawang). Hidangan ini bisa disajikan sebagai menu pembuka atau menu utama.

6. Binagoongan
Binagoongan adalah makanan tradisional dan teknik masak asli Filipina. Biasanya berupa pork belly yang dimasak dengan terasi udang. Selain pork belly, binagoongan juga bisa dibuat dengan sayuran seperti kangkung atau daging seperti sali dan ayam. Bahan ini ditumis dengan terasi lalu ditambahkan daun salam, bawang putih, cabe, terong, atau potongan nanas.

Rasa binagoongan identik asin sehingga biasa dinikmati bersama nasi putih. Untuk mengimbangi rasa asinnya, hidangan ini juga biasa ditambahkan cuka dan gula pasir.

5. Bicol Express
Wajib Cicip! Ini 7 Masakan Babi yang Paling Populer di Filipina Foto: Shutterstock via Taste Atlas
Bicol express terbuat dari irisan daging sapi dengan siraman saus santan dan bumbu seperti terasi udang dan cabe pedas. Menurut anggapan populer di sana, hidangan ini ditemukan Cely Kalaw di restorannya di Manila.

Kalaw terinspirasi bicolano tradisional dalam membuat hidangan ini. Nama bicol express disematkan usai ia melihat layanan kereta Filipina yang beroperasi dari Manila ke wilayah Bicol. Cita rasa bicol express yang creamy pedas paling pas disandingkan dengan nasi putih.

4. Lechon kawali
Olahan babi ini akrab untuk selera banyak orang. Lechon kawali adalah pork belly goreng khas Filipina. Untuk mengolahnya, pork belly direbus air air kemudian dibaluri garam, dipotong-potong, kemudian digoreng kering sampai warnanya cokelat keemasan. Tekstur lechon garing di luar, dan juicy lembut di dalamnya.

Lechon kawali adalah salah satu makanan terkenal Filipina yang dimakan di seluruh negeri. Disajikan hangat-hangat, lechon kawali biasanya ‘ditemani’ saus cuka pedas sebagai cocolannya.

3. Crispy pata
Wajib Cicip! Ini 7 Masakan Babi yang Paling Populer di Filipina Foto: Shutterstock via Taste Atlas
Crispy pata adalah salah satu olahan babi yang sering disajikan di acara-acara spesial. Terdiri dari kaki babi utuh yang direbus sampai lembut, kemudian dikeringkan dan digoreng sampai berwarna cokelat keemasan dan renyah. Kaki babi ini juga biasa dimasak bersama beragam rempah seperti daun salam dan lada.

Campuran aneka rempah juga akan dibaluri ke kaki babi sebelum digoreng. Untuk penyajiannya, crispy pata bakal dipotong jadi lembaran-lembaran dan dijodohkan dengan acar pepaya serta saus asam. Saus ini diracik dari cuka, soy sauce, dan beragam rempah.

2. Sisig
Olahan babi khas Filipina ini amat terkenal. Namanya sisig yang dibuat dari daging dan jeroan babi seperti kuping, pipi, hingga rahang. Semuanya dibumbui garam, merica, dan cuka. Proses masaknya direbus dan dipanggang. Sisig kemudian dikombinasikan dengan bawang goreng, sili, dan hati ayam. Penyempurnanya, topping telur mentah.

Beberapa orang suka menambahkan mayonnaise atau kulit babi renyah ke dalam sisig agar rasanya makin istimewa. Aslinya, sisig tidak mengandung daging, dan pertama kali dijelaskan dalam kamus 1732 Kapampangan oleh Fr. Diego Bergano. Racikan aslinya adalah salad yang terdiri dari jambu biji atau pepaya hijau. Nama sisig sendiri konon berasal dari kata ‘sisigan’ yang berarti ‘membuat asam’.

1. Lechon
Wajib Cicip! Ini 7 Masakan Babi yang Paling Populer di Filipina Foto: Shutterstock via Taste Atlas
Lechon adalah olahan babi paling terkenal di Filipina. Berasal dari bahasa Spanyol yang berarti babi guling panggang. Babi ini dipanggang perlahan (slow roast) dengan isian sereh, asam Jawa, bawang putih, bawang bombai, dan kucai. Proses pemanggangannya di api terbuka dengan tusukan bambu besar.

Biasanya lechon disajikan utuh, dalam acara spesial seperti pernikahan dan Natal. Ketika daging babi sudah terpanggang sempurna dan bisa lepas dari tulangnya, orang-orang akan memakan semua bagian babi. Biasanya yang jadi incaran adalah kulit babi yang super renyah dan berwarna merah kecokelatan.

Baca juga !